DetikNews
Jumat 13 Oktober 2017, 13:55 WIB

Anggaran Densus Tipikor Rp 2,6 T, Polri: Jangan Lihat Besarannya

Mochamad Zhacky Kusno - detikNews
Anggaran Densus Tipikor Rp 2,6 T, Polri: Jangan Lihat Besarannya Foto: Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta - Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto merasa anggaran sebesar Rp 2,6 triliun untuk Densus Tipikor Polri tidak berlebihan. Kata dia, berlebihan atau tidaknya harus dikaitkan dengan jumlah uang negara yang diselamatkan.

"Nanti dilihat ini, seberapa besar uang negara yang bisa diselamatkan. Jadi kita jangan lihat ini nya (besarannya) dulu. Kita dari Saber Pungli saja bisa 1078 kasus, belum setahun nih," kata Setyo di kantornya, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (13/10/2017).

Lebih jauh disampaikan Setyo, sesuai dengan instruksi Kapolri Jenderal Tito Karnavian anggaran Densus Tipikor menggunakan sistem at cost. Dengan sistem itu, bilamana ada anggaran yang berlebih bisa dikembalikan lagi ke negara.

"Jadi begini, kita ada dana atau keuangan kita yang disebut dengan indeks. Tapi ada juga apa yang disebut dengan at cost. Kalau at cost itu yang penting bisa dipertanggungjawabkan," terang Setyo.

"Kalau kita mau berhasil ya dana itu harus at cost. Pak kapolri mintanya at cost. Kalau at cost hitungannya, setiap kita bergerak kita dibiayai oleh anggaran. Kalau pun nanti sisa kan bisa dikembalikan ke negara. Tapi harus dipertanggungjawabkan," imbuhnya.

Khusus untuk personil Densus Tipikor, selain dari Direktorat Tipikor dan Krimsus yang ada akan ditambah lagi dengan sistem rekrutmen.
(nvl/nvl)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed