DetikNews
Kamis 12 Oktober 2017, 14:17 WIB

Kantor Kemendagri Diserang, KPU: Hasil Pilkada Sesuai Putusan MK

Dewi Andayani - detikNews
Kantor Kemendagri Diserang, KPU: Hasil Pilkada Sesuai Putusan MK
Jakarta - Komisioner KPU Hasyim Asya'ri menyatakan proses Pilkada yang terjadi di Tolikora sudah selasai dan sudah ada penetapan. Pihaknya tidak terpengaruh dengan demo yang berakhir ricuh di Kantor Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

"Sudah selesai (proses pilkada)," ujar Hasyim di kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (12/10/2017).

Hasyim mengatakan KPU tidak akan menetapkan calon terpilih dan hasil pilkada bila terjadi gugatan. KPU akan memutuskan bila telah adanya putusan dari gugatan yang diajukan ke MK.

"Kan KPU (tidak akan) menetapkan kalau ada, gugatan atau perselisihan hasil pilkada. Itu kan KPU menetapkan calon terpilih dan hasil pilkada, setelah ada putusan," kata Hasyim.

"Sudah ada putusan, no putusan MK sudah muncul, dan KPU sudah menetapkan siapa yang hasil pilkada sesuai hasil putusan MK," sambungnya.

Penyerangan kantor Kemendagri diduga dilakukan massa pendukung calon bupati Tolikara yang kalah. Massa sebelumnya sudah bertemu Mendagri Tjahjo Kumolo mendesak agar Mendagri menganulir putusan pemenang pilkada yang ditetapkan MK.

"Keputusan pilkada bukan di Kemendagri dan Kemendagri tidak berwenang mengubah keputusan atau surat keputusan pemenang pilkada," kata Tjahjo menanggapi tuntutan para pendemo.
(asp/asp)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed