DetikNews
Kamis 12 Oktober 2017, 14:10 WIB

Cegah Kasus Debora, Ombudsman Minta RS Swasta Bermitra dengan BPJS

Aditya Fajar Indrawan - detikNews
Cegah Kasus Debora, Ombudsman Minta RS Swasta Bermitra dengan BPJS Foto: Ombudsman gelar jumpa pers (Adit-detikcom)
Jakarta - Ombudsman mendorong RS swasta untuk segera menjadi mitra dari BPJS. Hal ini dilakukan guna mencegah kasus kegawatdaruratan yang tidak ditangani seperti kasus meninggalnya bayi Debora, di RS Mitra Keluarga Kalideres, Jakbar.

"Untuk RS Pemerintah wajib untuk BPJS, sedangkan swasta dapat didorong untuk menjadi mitra BPJS," kata komisioner Ombudsman Dadan S Suharwijaya di kantornya, Jl Rasuna Said, Jakarta Selatan, Kamis (12/10/2017).




Dadan menambahkan, Ombudsman akan meminta asosiasi rumah sakit swasta untuk dapat segera bermitra dengan BPJS. Hal ini mencegah terulang kembalinya tidak segera ditanganinya kasus kegawatdaruratan karena masalah administrasi.

"Agar tidak kembali terjadi di tempat berbeda. Jadi tidak lagi memandang ada atau tidak adanya BPJS, kasus kegawatdaruratan harus segera dilakukan," lanjutnya.

Hal senada juga disampaikan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta Koesmedi Priharto mengatakan, agar rumah sakit swasta maupun negeri untuk diwajibkan bermitra oleh BPJS.

"Jadi selain kita sudah memberikan sanksi untuk restrukturisasi manajemen rumah sakit. Kita juga sudah keluarkan edaran atas instruksi kepala daerah agar rumah sakit swasta atau negeri diwajibkan bermitra oleh BPJS," paparnya.

Sebagaimana diketahui, bayi Debora meninggal dunia diduga karena tidak mendapat penenganan tepat waktu di RS Mitra Keluarga, Kalideres, Jakarta Barat. Kasus ini menjadi perhatian dari berbagai pihak.





(adf/rvk)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed