DetikNews
Rabu 11 Oktober 2017, 18:17 WIB

Bos First Travel Beli Perusahaan Atas Nama Orang Lain

Audrey Santoso - detikNews
Bos First Travel Beli Perusahaan Atas Nama Orang Lain Bos First Travel saat dipamer polisi ke media (Foto: Mustaqim/detikcom)
Jakarta - PT Hijrah Bersama Taqwa, salah satu dari 8 perusahaan yang dimiliki tersangka First Travel Andika Surachman, dibeli atas nama orang lain. Polisi telah melakukan pemeriksaan terhadap pemilik lama perusahaan tersebut.

"Kegiatan Subdit V dan penyidikan kasus First Travel hari Selasa, 10 Oct 2017, interogasi terhadap pemilik awal PT Hijrah Bersama Taqwa yang dibeli tersangka Andika dengan diatasnamakan Ali Umasugi," kata Anjak Madya Divisi Humas Polri, Kombes Slamet Pribadi, lewat pesan singkat kepada detikcom, Rabu (11/10/2017).



Pemeriksaan dilakukan untuk membuat terang ke mana saja dana calon jamaah umrah korban PT First Travel mengalir. Dalam kasus penipuan dan penggelapan ini, polisi juga mengusut unsur tindak pidana pencucian uang (TPPU).

Sebelumnya, penyidik juga pernah mengungkapkan adanya pembelian aset perusahaan oleh Andika atas nama Ali Umasugi. Perusahaan tersebut adalah PT Interculture Tourindo (IT), yang bergerak di bidang jasa pengurusan visa.

"Itu kan hasil uang jemaah untuk membelikan PT (Interculture Tourindo) itu. Kemudian diangkat Pak Ali sebagai direktur," jelas Kepala Tim Subdit V Jatanwil Bareskrim Polri Kompol Wiranto saat dihubungi detikcom, Rabu (30/8).



Kembali ke Slamet, dia menjelaskan selain aset Andika, polisi juga mengajukan permohonan izin sita rumah Kiki Hasibuan di Cluster Vasa Kebagusan Jakarta Selatan, kepada Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, kemarin.

"Koordinasi dengan Panitera di PN Jaksel terkait Permohonan Ijin sita rumah di cluster Vasa Kebagusan milik Kiki," ujar Slamet.

Kemudian, penyidik juga telah berkoordinasi dengan pengelola gedung, yang menyewakan lahan untuk dijadikan butik oleh Anniesa, dalam rangka permohonan pemindahan barang bukti yang ada di dalam butik.

"Koordinasi dengan pengelola gedung yang dipakai butik Aniesa Hasibuan dalam rangka permohonan untuk pemindahan barang bukti," ucap Slamet.
(aud/rvk)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed