detikNews
Rabu 11 Oktober 2017, 01:00 WIB

Panglima Gatot: TNI AL akan Buat Film tentang Laksamana Malahayati

Cici Marlina Rahayu - detikNews
Panglima Gatot: TNI AL akan Buat Film tentang Laksamana Malahayati Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo (Foto: dok, Puspen TNI)
Jakarta - Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo mengatakan pihaknya akan membuat film dalam waktu dekat. Film yang akan dibuat adalah perjalanan khusus angkatan laut, yakni Laksamana Malahayati.

"Dalam waktu dekat, Mabes TNI, khususnya Angkatan Laut, akan membuat film Malahayati," kata Gatot saat ditemui di Taman Ismail Marzuki, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (10/10/2017).

Seperti diketahui, Malahayati atau Keumalahayati merupakan perempuan pejuang dari Kesultanan Aceh. Dalam sejarahnya, ia pernah memimpin 2.000 pasukan Inong Bale berperang melawan kapal dan benteng Belanda pada abad ke-16 sekaligus membunuh Cornelis de Houtman. Atas keberaniannya, ia mendapat gelar laksamana.

Menurut Gatot, pembuatan film Malahayati memerlukan waktu panjang. Gatot mengatakan pihaknya melakukan studi banding sampai ke Turki.

"Belajarnya karena Malahayati ini semakin digali semakin hebat. Tahun 1500-an ternyata di Aceh sudah ada Akademi Angkatan Laut, dan Malahayati adalah lulusan Akademi Angkatan Laut di Aceh, yang dia menusukkan rencongnya kepada laksamana musuh, dan dia seorang wanita yang bertugas sebagai intelijen kerajaan," tutur Gatot.

Malahayati juga menggunakan kompas bintang dalam pelayarannya. Maka Gatot mengatakan harus dilakukan studi kepustakaan agar film Malahayati dapat dipertanggungjawabkan.

"Malahayati dalam pelayaran juga menggunakan kompas bintang yang sekarang dikenal. Jadi ini mendunia pasti, maka kita perlu mengadakan studi kepustakaan, sehingga benar-benar cerita ini bisa dinarasi dan benar-benar bisa dipertanggungjawabkan. Mudah-mudahan tahun ini kita sudah mulai," imbuhnya.

Sedangkan terkait kerja sama pembuatan film Malahayati, Gatot mengatakan akan menggandeng pemenang dalam nominasi Festival Film Nusantara (FFN) 2017. Hal ini diharapkan mampu mengasah pengetahuan karya anak bangsa.

"Kerja sama yang sedang kita lihat kalau bisa dengan internasional. Karena diharapkan film ini bukan hanya untuk nasional, tapi juga untuk internasional. Kita tunjukkan kepada dunia bahwa kita punya film Laksamana Malahayati," ucapnya.
(cim/dkp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com