DetikNews
Sabtu 07 Oktober 2017, 13:08 WIB

Fadli Zon: Imbauan Jokowi Jangan Hanya ke TNI, tapi Juga Polri

Hary Lukita Wardani - detikNews
Fadli Zon: Imbauan Jokowi Jangan Hanya ke TNI, tapi Juga Polri Foto: Hary Lukita Wardani/detikcom
Jakarta - Presiden Joko Widodo berpesan agar prajurit TNI tidak masuk kancah politik praktis. Imbauan Jokowi dikritisi Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon.

Fadli Zon meminta Jokowi berlaku adil kepada TNI dan Polri. Menurut dia, Jokowi terlihat lebih menyoroti soal TNI ketimbang Polri.

"Kenapa yang selalu difokuskan TNI? Kenapa nggak Polri? Kan Polri kecenderungan politiknya sangat tinggi," ujar Fadli di Warung Daun, Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (7/10/2017).



Dia meminta Jokowi tidak menganaktirikan Polri. "Harusnya kalau mengimbau, termasuk Presiden yang kemarin, jangan hanya TNI saja, tapi juga Polri, karena imbauannya biar lengkap karena nanti seperti anak tiri. Seperti hate speech. Polisi lebih banyak bertindak terhadap yang mengkritisi pemerintah. Yang sebaliknya tidak dilakukan," ungkap Fadli Zon.

Begitu pun soal anggaran, Fadli menilai TNI mendapatkan nilai yang lebih sedikit dibanding Polri. "Jangan sampai gitu. Kayak anggaran juga Polri kan dua kali lipat (lebih banyak)," ujar dia.


Jokowi menyampaikan pesan Jenderal Sudirman bahwa politik TNI adalah politik negara. Ia juga berpesan kepada prajurit TNI supaya tak berpolitik praktis.

"TNI adalah milik nasional yang berada di atas semua golongan, yang tak terkotak-kotak dengan kepentingan politik yang sempit dan tak masuk ke kancah politik praktis. Yang selalu menjamin netralitas politik di NKRI ini," ujar Jokowi saat berpidato.
(aan/tor)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed