DetikNews
Selasa 03 Oktober 2017, 10:32 WIB

Viral Video Debat Petugas dan Pengendara yang Tolak Pakai e-Toll

Indah Mutiara Kami - detikNews
Viral Video Debat Petugas dan Pengendara yang Tolak Pakai e-Toll Ilustrasi pembayaran tol dengan e-Toll (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta - Gerbang tol di Indonesia secara bertahap sudah menerapkan pembayaran nontunai. Namun masih ada pengendara yang ngeyel tetap mau membayar tunai saja. Salah satunya seperti terlihat di video yang sedang viral ini.





Video yang beredar di Facebook, Twitter, dan grup WhatsApp ini tampak direkam dari mobil yang melintas di gerbang tol. Saat tiba di gerbang dengan petugas, pengendara mobil menyerahkan uang tunai. Si petugas kemudian mengingatkan bahwa pembayaran jalan tol kini hanya bisa menggunakan kartu e-Toll.

"Nggak punya kartu, Bang. Nggak ada kartu. Maunya bayar cash," kata pengendara.

"Sudah nggak terima cash lagi," jawab petugas tol.



Petugas menjelaskan gerbang tol itu sudah tidak menerima uang tunai sejak dua pekan sebelum video ini direkam. Pengendara mendebat bahwa seharusnya penerapan baru berlaku pada 1 Oktober.

"1 Oktober itu skala nasional," kata petugas.

"Oh ini bukan nasional? Sini nggak ikut nasional?" ucap pengendara mobil.

Pengendara mobil tersebut masih berkukuh hanya ingin membayar tunai. Petugas kemudian meminta pengendara mobil mundur saja dan tidak lewat jalan tol apabila hanya mau membayar tunai. Tapi si pengendara menolak.

"Nggak mau, kita maunya tunai. Abang nggak mau nerima rupiah? Ini pembayaran sah ini Bang," ujar pengendara mobil.

"Rupiahnya sah, tapi di sini berlaku tidak terima tunai," jelas petugas tol.

"Jadi Abang nggak mau terima rupiah?" tanya pengendara.

"Terima, tapi nggak berlaku di sini," jawab petugas tol.

"Nggak berlaku? Ini bukan di Indonesia? Kalau Indonesia, masih mengakui rupiah, diterima itu Bang," ujar pengendara mobil.

"Ngomong Pak Jokowi aja deh," jawab petugas tol.



Di video itu, terdengar suara klakson dari belakang si pengendara mobil yang berdebat di gardu tol ini. Pengendara mobil tetap menolak mundur ataupun membayar nontunai dan tetap berdebat dengan petugas tol. Petugas tol tersebut tampak beberapa kali tersenyum saat meladeni ucapan pengendara mobil.

Seorang petugas satpam kemudian tampak menghampiri gardu tol itu. Si pengendara tetap berkukuh bahwa peraturan pembayaran tol wajib nontunai baru berlaku pada 1 Oktober.

"Kebijakan Jokowi itu baru 1 Oktober, Abang jangan ngarang-ngarang," ucap si pengendara mobil.

Suara klakson terdengar makin bersahut-sahutan. Hingga akhirnya pengendara mobil itu membayar ke petugas satpam dan petugas satpam itulah yang menyentuhkan kartu e-Toll ke mesin. Perdebatan di gardu tol di video itu sendiri memakan waktu 3 menit 20 detik.
(imk/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed