DetikNews
Senin 25 September 2017, 16:45 WIB

LHP yang Dijadikan Bukti Novanto Berkaca dari Hadi Poernomo

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
LHP yang Dijadikan Bukti Novanto Berkaca dari Hadi Poernomo Suasana praperadilan Setya Novanto (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Setya Novanto menggunakan laporan hasil pemeriksaan (LHP) BPK terhadap KPK dalam praperadilan yang diajukannya untuk melawan KPK. Rupanya, Novanto berkaca dari praperadilan yang dimenangi Hadi Poernomo terhadap KPK.

Kuasa hukum Novanto, Ketut Mulya, pun mengamini bahwa LHP itu diajukan sebagai bukti karena tindakan KPK dengan menetapkan kliennya sebagai tersangka dinilai telah menyalahi standard operating procedure (SOP). Ketut pun ingin hal itu dibuktikan dalam praperadilan.

"Maka itu kita akan buktikan. Kita akan uji apakah memang SOP yang dari KPK apakah sudah sesuai dengan urutan-urutan yang sudah sesuai ditentukan," kata Ketut di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel), Jalan Ampera Raya, Jakarta Selatan, Senin (25/9/2017).

Ketut menyebut selama ini SOP yang digunakan KPK tidak bisa diakses secara publik. Dia pun berupaya mencari SOP itu dan menemukannya dalam LHP dari BPK yang ternyata juga digunakan Hadi Poernomo dalam praperadilan.

"Kalau SOP itu kan dalam aturannya sebenarnya KUHAP, kita akan melihat sebenarnya selama ini masyarakat kan belum bisa mengakses SOP dari KPK sendiri. Makanya kita berupaya mencari sumber SOP itu. Kebetulan adanya di Pak Hadi Poernomo, dan ada nomor LHP," ucap Ketut.

[Gambas:Video 20detik]

Sebelumnya, LHP yang diajukan pihak Novanto itu dipertanyakan KPK. Tim biro hukum KPK mempersoalkan cara mendapatkan dan substansi LHP yang diajukan kuasa hukum Novanto.

"Ada dua kami menanyakan bagaimana cara dapatnya. Kalau disampaikan datang ke BPK kita hormati saja cara mereka datang ke pemerintah, caranya dalam mendapatkannya, mereka datang tanggal 19 September, sidang sudah seminggu sebelumnya yang waktu itu kita minta ditunda, dan tanggal 20 pembacaan pemohon, rekan-rekan bisa simpulkan sendiri," ujarnya.
(knv/dhn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed