DetikNews
Minggu 24 September 2017, 07:19 WIB

Kontroversi di Balik Pesona Anton Si Ojek Bule

Niken Purnamasari - detikNews
Kontroversi di Balik Pesona Anton Si Ojek Bule Foto: Instagram ojekbule
Jakarta - Anton Lucanus alias Si Ojek Bule mendadak terkenal belakangan waktu ini. Sosoknya sebagai warga negara asing (WNA) dan memakai jaket serta helm Go-Jek menjadi perhatian. Khususnya bagi kaum hawa. Banyak yang bertanya-tanya siapa sosok Ojek Bule itu sesungguhnya.

Awalnya, kemunculan Anton terlihat dari foto yang tersebar di sejumlah akun Instagram. Terlihat Anton mengenakan jaket dan helm Gojek. Dia tengah memegang ponsel dan tampak mengambil order.




Pihak Go-Jek akhirnya buka suara soal sosok Anton Si Ojek Bule. Go-Jek menegaskan bahwa Anton bukanlah mitra mereka. Selain itu, dalam penerimaan mitra, Go-Jek mengatakan hanya menerima driver warga negara Indonesia (WNI).

"Bukan (mitra). Terkait dengan munculnya informasi seseorang yang diduga mitra pengemudi dan diduga warga negara asing, dapat kami sampaikan bahwa Go-Jek hanya bermitra dengan warga negara Indonesia (WNI) yang dibuktikan dengan kartu tanda penduduk saat melakukan pendaftaran," kata PR Manager Go-Jek Rindu Ragilia melalui pesan singkat, Jumat (22/9).
  Kontroversi di Balik Pesona Anton Si Ojek Bule Kontroversi di Balik Pesona Anton Si Ojek Bule Foto: Instagram ojekbule


Anton kemudian menanggapi kontroversi terkait dirinya yang menggunakan jaket Go-Jek. Banyak netizen yang mempertanyakan visa kunjungannya. Anton menegaskan tidak menerima uang atau gaji selama berada di Indonesia dan hidup dari tabungannya sendiri.


  Kontroversi di Balik Pesona Anton Si Ojek Bule Kontroversi di Balik Pesona Anton Si Ojek Bule Foto: Facebook Anton Lucanus


Pria kelahiran 5 Juni 1994 itu mengatakan dulunya ia adalah seorang peneliti. Dia datang kembali ke Indonesia untuk berwisata dan mengunjungi temannya. Selain itu, ia juga menyatakan sebagai sukarelawan dan tidak mau menerima uang.



"Dulu saya orang peneliti. Sekarang hanya wisatawan dan sukarelawan. Saya menafkahi hidup sehari-hari dengan tabungan dari Australia. Saya tidak terima gaji atau uang di Indonesia. Banyak orang pikir saya kerja tanpa izin, tapi ini palsu. Saya di Indonesia sebagai wisatawan dan mengunjungi teman saja," kata Anton melalui pesan singkat.

Dia pun bungkam saat ditanya dari mana dirinya mendapatkan jaket serta helm Go-jek. Sebab barang tersebut hanya bisa didapatkan oleh mitra dari Go-Jek saja.

"Itu rahasia. Saya tidak bisa jawab pertanyaan terkait dengan Go-Jek," jawab Anton.


  Kontroversi di Balik Pesona Anton Si Ojek Bule Kontroversi di Balik Pesona Anton Si Ojek Bule Foto: Instagram Anton Lucanus @flamingbutterfly


Soal kontroversi visa kunjungan Anton Si Ojek Bule, pihak imigrasi kemudian turun tangan. Direktorat Jenderal Imigrasi melakukan investigasi dengan mendatangi kantor Go-Jek di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

"Kronologinya, satu bahwa kita sudah lakukan investigasi sejak berita itu turun. Kita datangi kantor Go-Jek yang berada di Pasaraya Blok M di lantai 6 dan 7. Di sana kami lakukan investigasi kepada Go-Jek mengenai data orang asing. Kedua, terkait orang asing tersebut datanya sedang kami lacak, kedatangannya, kemudian keberadaannya," kata Kabag Humas dan Umum Ditjen Imigrasi Agung Sampurno ketika dihubungi.


Banyaknya komentar dan kontroversi terkait dirinya yang memakai atribut Go-Jek, Anton akhirnya minta maaf. Dia mengatakan melakukan hal tersebut untuk mengikuti sebuah kompetisi.

"Video Ojek Bule ini diciptakan hanya untuk tujuan hiburan semata saja untuk ikutan kompetisi video. Mohon maaf kalau video ini menyebabkan kontroversi," kata Anton melalui pesan singkat, Sabtu (23/9).
(nkn/aik)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed