DetikNews
Kamis 21 September 2017, 21:36 WIB

Belt Conveyor PLTU Jeneponto Sulsel Terbakar

Muhammad Nur Abdurrahman - detikNews
Belt Conveyor PLTU Jeneponto Sulsel Terbakar Kebakaran di PLTU Jeneponto (Foto: Dok. Istimewa)
Jeneponto - Kebakaran terjadi di area Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Punagaya, Kecamatan Bangkala, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan. Diduga api berasal dari batu bara di belt conveyor atau roda berjalan yang berbahan karet.

Kebakaran tersebut terjadi pada Kamis (21/9/2017) sore waktu setempat. Belt conveyor merupakan alat yang berfungsi mengangkut batu bara.

Kapolres Jeneponto AKBP Herry Susanto dalam keterangannya pada wartawan menyebutkan, kebakaran terjadi di sekitar unit 3 jalur pengangkutan batu bara dari kapal tongkang menuju penampungan.

"Api diduga bersumber dari batu bara yang menyala di belt conveyor, gesekan batu bara dan tertiup angin mengakibatkan munculnya api, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini," ujar Herry.

Belt Conveyor PLTU Jeneponto Sulsel TerbakarFoto: Dok. Istimewa
Beruntung api dapat dipadamkan dengan segera oleh karyawan PLTU sekitar pukul 15.00 Wita. Lima armada mobil penyemprot air milik Dinas Damkar Jeneponto ikut membantu proses pemadaman api hingga tuntas.

Hingga saat ini belum ada keterangan resmi dari pihak PLTU Jeneponto terkait penyebab dan taksiran nilai kerugian akibat kebakaran tersebut. Peristiwa ini juga tidak mengakibatkan gangguan suplai listrik ke PLN dan rumah-rumah warga.
(mna/rna)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed