DetikNews
Kamis 21 September 2017, 21:23 WIB

Jasa Marga Pecat Karyawan yang Terlibat Suap Moge ke Auditor BPK

Mei Amelia R - detikNews
Jasa Marga Pecat Karyawan yang Terlibat Suap Moge ke Auditor BPK Ilustrasi logo Jasa Marga (Foto: Ari Saputra)
Jakarta - Jasa Marga mengklarifikasi terkait temuan suap di instansinya kepada auditor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) berinisial SY. Jasa Marga sendiri telah memecat karyawan yang terlibat dalam kasus itu.

"Untuk mendukung dan menghormati proses hukum, dengan tetap mengedapankan azas praduga tak bersalah, Jasa Marga tanggal 12 September 2017 telah memberhentikan sementara satu orang karyawan dari jabatannya," jelas AVP Corporate Communication Jasa Marga Dwimawan Heru dalam keterangannya kepda detikcom, Rabu (21/9/2017).

Heru mengatakan, audit internal di Jasa Marga dilakukan atas permintaan dari Inspektur Utama BPK. Hal itu dilakukan setelah inspektur utama BPK menemukan dugaan pelanggaran kode etik atas salah seorang auditor BPK, yang selanjutnya diduga telah melibatkan karyawan Jasa Marga.


Heru menambahkan, dalam melakukan proses bisnisnya, Jasa Marga selalu mengedepankan prinsip prinsip good corporate governance atau tata kelola perusahaan yang baik dan tidak melakukan hal-hal yang bertentangan dengan hukum.

Sebelumnya diberitakan, auditor Badan Pemeriksa Keuangan berinisial SY menjadi tersangka kasus dugaan suap terkait audit PT Jasa Marga. SY diduga menerima motor gede Harley-Davidson.


Kasus dugaan suap ini baru ditangani KPK. Belum ada penjelasan detail dari KPK soal SY yang sudah ditahan ini.

"Ada temuan di Jasa Marga yang bersangkutan meminta sesuatu," begitu informasi yang diterima dari kalangan internal KPK.

"Yang bersangkutan (SY) menerima kendaraan moge," sambungnya.

Sementara itu, Kabiro Humas KPK Febri Diansyah belum memberikan penjelasan terperinci mengenai perkara. Penanganan kasus baru akan diinformasikan pada Jumat (22/9).
(mei/rna)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed