detikNews
Selasa 19 September 2017, 11:17 WIB

Keren, TransJ Premium Bekasi-Senayan Dilengkapi Wi-Fi dan Dikawal

Azzahra Nabilla - detikNews
Keren, TransJ Premium Bekasi-Senayan Dilengkapi Wi-Fi dan Dikawal TransJabodetabek Premium rute Mega City Bekasi-Plaza Senayan. (Azzahra Nabilla/detikcom)
Bekasi - TransJabodetabek Premium rute Mega City Bekasi-Plaza Senayan telah mengaspal. Bus ini dilengkapi fasilitas yang membuat penumpang semakin nyaman naik transportasi umum. Intip fasilitasnya!

Bus TransJabodetabek ini beroperasi dari Mega City Bekasi menuju Plaza Senayan dalam tiga jam pemberangkatan pada pagi hari pukul 05.45 WIB, 06.05 WIB, dan 06.25 WIB. Demikian pula pada sore hari, bus bertolak dari Plaza Senayan menuju Mega City Bekasi pada pukul 16.45 WIB, 17.15 WIB, dan 17.45 WIB. Ada 6 bus yang dikerahkan untuk melayani penumpang tiap hari.


detikcom, Selasa (19/9/2017), ikut menjajal bus TransJabodetabek Premium dari Mega City Bekasi bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Kepala BPTJ Bambang Prihantono.

Bus TransJabodetabek Premium memiliki interior 'wah' yang berbeda dengan bus TransJakarta yang telah beroperasi sebelumnya di Bekasi, Jawa Barat, yang bertarif Rp 3.500.

Mayoritas kursi-kursi bus ini menghadap ke depan. Ada dua baris kursi di bagian kanan dan kiri. Ada juga empat kursi yang menghadap ke samping. Kursi-kursi bus inilah yang dibalut sarung berwarna biru, dilengkapi busa yang empuk dan bisa disetel, sehingga penumpang dapat selonjoran kaki selama dalam perjalanan. Tidak ada penumpang yang diizinkan berdiri di dalam bus yang bertarif Rp 20.000 ini.



Penumpang diminta memasang sabuk pengaman.Penumpang diminta memasang sabuk pengaman. (Azzahra Nabilla/detikcom)

Penumpang bus TransJabodetabek diwajibkan memasang sabuk pengaman demi keselamatan. Petugas bus akan memperingatkan penumpang untuk memasang sabuk pengaman sebelum keberangkatan.

Bus dilengkapi fasilitas soket charger handphone yang ada di sisi kanan dan kiri dinding bus. Beberapa penumpang juga tampak mengisi ulang baterai ponsel mereka. "Mulai minggu depan karena sudah resmi dipakai, jadi akan ditambah WiFi (gratis)," kata Kepala BPJP Bambang Prihantono.

Bus bertarif Rp 20 ribu ini dilengkapi AC, soket ponsel hingga WiFi gratis.Bus bertarif Rp 20 ribu ini dilengkapi AC, soket ponsel, hingga Wi-Fi gratis. (Azzahra Nabilla/detikcom)


Menurut dia, CCTV juga akan dipasang untuk fasilitas keamanan. "Seatbelt harus dipasang sebelum berangkat," ujar dia.

Tidak hanya itu, pengawalan melekat juga diberikan bagi penumpang bus. Demi kelancaran berkendara di jalan, bus TransJabodetabek dikawal polisi. "Pengawalan ini fasilitas untuk mempercepat dan untuk menggunakan bahu jalan tol," kata Bambang. Dengan begitu, penumpang diharap tiba tepat waktu di mana perjalanan dari Bekasi hingga Senayan membutuhkan waktu sekitar 70 menit."

Selama perjalanan, bus TransJabodetabek Premium juga dikawal polisi demi kelancaran.Selama perjalanan, bus TransJabodetabek Premium juga dikawal polisi demi kelancaran. (Azzahra Nabilla/detikcom)

"Lumayan enak karena nggak bikin lama di jalan. Terus juga busnya dingin, kursinya empuk bisa buat istirahat dulu sebelum kerja," ujar Kurniawati, salah satu pegawai yang sudah dua kali naik Transjabodetabek Premium ini.

Ayo, naik bus!
(aan/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed