detikNews
Selasa 19 September 2017, 09:57 WIB

Cerita Menhub Jajal TransJabodetabek Premium Bekasi-Senayan

Azzahra Nabilla - detikNews
Jakarta - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjajal TransJabodetabek Premium Bekasi-Senayan. Ini testimoni Menhub saat naik moda transportasi anyar itu.

Menhub berangkat naik taksi dari kediamannya di Jakarta Selatan pada Selasa (18/9/2017) pukul 06.51 WIB.


Dia sengaja naik taksi, yang juga merupakan kendaraan umum, untuk melihat kondisi jalan sebelum menjajal TransJabodetabek Premium.

"Saya membuktikan bahwasanya tidak mudah mencapai tempat pada waktunya," kata Budi, yang tiba di Mega City Bekasi pukul 06.51 WIB. Dia awalnya menargetkan tiba di lokasi sekitar pukul 06.30 WIB.


Menhub kemudian naik bus TransJabodetabek Premium. Menhub, yang mengenakan kemeja berwarna putih dan celana panjang hitam, duduk di kursi penumpang dengan didampingi Kepala BPTJ Bambang Prihantono.

Menhub memasang sabuk pengaman yang sesuai dengan prosedur yang diterapkan sebagai inovasi keamanan pengguna Transjabodetabek Premium. Perjalanan dimulai pada pukul 07.34 WIB. Menhub juga membayar tiket Rp 20 ribu untuk satu kali perjalanan.


Dalam perjalanan dari Mega City Bekasi menuju Plaza Senayan, Menhub menyempatkan diri bercengkerama dengan warga yang mencoba TransJabodetabek Premium, yang telah diuji coba sejak 7 September 2017. TransJabodetabek Premium ditargetkan untuk kalangan menengah ke atas. Warga terlihat antusias memberikan testimoni kepada Menhub.

"Saya pikir gini, kami targetnya adalah mengurangi kendaraan pribadi karena yang membuat padat daripada lalu lintas ini adalah kendaraan," ujar Menhub.

Dengan bantuan pengawalan polisi, TransJabodetabek Premium yang dijajal Menhub bersama warga bisa sampai di Plaza Senayan dalam waktu sekitar satu jam, yakni pukul 08.29 WIB.
(aan/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com