DetikNews
Rabu 13 September 2017, 20:02 WIB

Menginap di Aceh, Pesawat Bantuan Rohingya ke Bangladesh Kamis Pagi

Agus Setyadi - detikNews
Menginap di Aceh, Pesawat Bantuan Rohingya ke Bangladesh Kamis Pagi Pesawat Hercules membawa bantuan untuk Rohingya (Agus Setyadi/detikcom)
FOKUS BERITA: Krisis Rohingya
Banda Aceh - Pesawat Hercules TNI AU yang membawa bantuan untuk pengungsi Rohingya akan bermalam di Banda Aceh. Penerbangan ke Bangladesh akan dilakukan pada Kamis besok.

Keempat pesawat yang akan mengangkut berbagai jenis bantuan untuk Rohingya sudah mendarat di Lanud Sultan Iskandar Muda, Blang Bintang, Aceh Besar, Aceh, Rabu (13/9/2017). Burung besi pertama tiba di Tanah Rencong pada pukul 13.35 WIB dan selanjutnya berselang masing-masing sekitar 20 menit. Kedatangan pesawat ini disambut Komandan Lanud SIM Kolonel Pnb Suliono.

Setelah keempat pesawat parkir, para kru dan pilot masuk ke Posko Bantuan Kemanusiaan Rohingya. Lokasinya di sebuah ruangan di VVIP Lanud. Di sana, tim menggelar briefing dengan airnav, BMKG, dan pilot. Rencana keberangkatan serta teknisnya dibahas di sana.

Menginap di Aceh, Pesawat Bantuan Rohingya ke Bangladesh Kamis PagiPesawat akan terbang ke Bangladesh pada Kamis pagi (Agus Setyadi/detikcom)
Komandan Satgas Civic Mission Indonesia Marsma TNI Nanang Santoso mengatakan pesawat yang akan berangkat mengantarkan bantuan ke Bangladesh berangkat dalam dua gelombang. Masing-masing ada dua pesawat yang terbang. Rencananya, pesawat mulai start engine pukul 05.45 WIB esok pagi.

"Kalau tidak ada halangan, pukul 06.00 WIB sudah berangkat," kata Nanang kepada wartawan.

Pesawat dengan nomor register A-1316 berangkat pertama. Pesawat yang dipiloti Mayor Bandung ini akan membawa selimut dan tenda pengungsi. Sejumlah wartawan yang ikut meliput ke sana juga berangkat dengan pesawat ini.

Perjalanan dari Lanud SIM ke Bandara Chittagong, Bangladesh, diperkirakan membutuhkan waktu 4 jam. "Karena ada keterbatasan parkir di sana, yang berangkat pertama dua pesawat," jelas Nanang.
(fay/dnu)
FOKUS BERITA: Krisis Rohingya
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed