DetikNews
Rabu 13 September 2017, 14:00 WIB

Pimpinan DPR Tak Kompak soal Surat Tunda Pemeriksaan Novanto di KPK

Hary Lukita Wardani - detikNews
Pimpinan DPR Tak Kompak soal Surat Tunda Pemeriksaan Novanto di KPK Pimpinan DPR (Foto: Lamhot Aritonang)
Jakarta - Wakil Ketua DPR Agus Hermanto mengaku tidak mengetahui soal surat penundaan pemeriksaan Setya Novanto dari DPR ke KPK. Ia mengatakan kemungkinan karena dirinya baru masuk beberapa hari ini setelah pergi Haji.

"Suratnya itu (penundaan pemeriksaan Novanto) belum pernah lihat, dan saya belum tahu untuk itu. Nanti, ini hari kan juga kita ketemu dengan seluruhnya, saya akan cari tahu kalau memang kabarnya seperti itu, tentunya setelah tahu secara persis akan saya sampaikan kepada media," ujar Agus di gedung DPR, Senayan,Jakarta, Rabu (13/9/2017).

Wakil Ketua DPR Agus HermantoWakil Ketua DPR Agus Hermanto Foto: Gibran Maulana Ibrahim/detikcom

Agus menjelaskan kemungkinan surat tersebut sudah dibicarakan sebelumnya, hanya saja dirinya tidak mengetahui akibat baru pulang Haji. Namun untuk surat tersebut menurutnya tidak harus semua pimpinan mengetahui karena bersifat kolektif kolega.

"Justru itu, event ini belum tune in, belum mengerti, barang kali saya baru beberapa hari masuk ya, bisa saja sudah dibicarakan beberapa hari lalu pas saya tidak ada karena tanpa kehadiran 1 pimpinan kan tetap forum," kata dia.

"Kita kolektif kolegial jadi tidak harus seluruh pimpinan bisa saja separuh setujui brarti kolektif kolegial. Saya cek dahulu," lanjutnya.

Sebelumnya diketahui yang menandatangani surat untuk penundaan pemeriksaan Novanto adalah Wakil Ketua DPR Fadli Zon. Surat tersebut telah diteruskan ke KPK, Selasa (12/9) sore.


"Sebagaimana halnya di masyarakat juga banyak permintaan semacam itu dan kalau dikirim itu tetap sesuai aturan dan UU yang berlaku. Sebagai permintaan meneruskan, istilahnya itu," ujar Fadli, tadi pagi.
(lkw/dkp)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed