DetikNews
Selasa 12 September 2017, 15:03 WIB

Dulu Dicambuki, Kuda Chester Penarik Delman Kini Dielus-elus

Akhmad Mustaqim - detikNews
Dulu Dicambuki, Kuda Chester Penarik Delman Kini Dielus-elus Kuda Chester kini dielus-elus (Foto: Akhmad Mustaqim/detikcom)
Depok - Chester, kuda delman yang dulu dicambuk meski jatuh kelelahan, saat ini menjalani perawatan di rumah barunya yang luas. Bukan cambukan lagi yang didapat, kini Chester dielus-elus.

Chester saat ini dirawat di Arthayasa Stables, Jalan Bulak Tengki, Depok. Saat ditemui detikcom pada Selasa (12/9/2017), Chester sedang didampingi dua dokter hewan yaitu drh Rizqi Putratama drh Gilang Ajiwiratama

Kuda Chester di rumah baru / Kuda Chester di rumah baru / Foto: Akhmad Mustaqim/detikcom


drh Rizqi menceritakan bahwa saat Chester tiba lima hari lalu, kuda poni ini lecet-lecet. Luka paling parah ada di lutut dan punggung.

"Yang lutut itu mungkin karena pas dia jatuh. Nah kalau yang punggung itu kelihatannya karena ikatan di delmannya ya, karena yang di punggung itu belum kering. Jadi kita kasih krim dan baby oil," ucap Rizqi.


Di Arthayasa Stables, Chester menempati lokasi karantina yang terdiri dari kandang berukuran 4x4 meter beralas serbuk kayu serta halaman rumput. Dia juga dirawat oleh dua dokter hewan.

Kuda Chester dielus-elus dokter hewan yang merawatnya / Kuda Chester dielus-elus dokter hewan yang merawatnya / Foto: Akhmad Mustaqim/detikcom


drh Rizqi mengatakan fokus utama saat ini adalah mengembalikan kondisi Chester seperti kuda pada umumnya karena dia sempat stres. Di sela-sela berbincang, Rizqi juga sempat 'menggoda' Chester. Dia mengelus bagian belakang kaki kuda tersebut hingga kegelian.

"Diagnosa awal kami dia karena kelelahan dan stress full, sekarang Chester kelihatan sudah jauh lebih nyaman," ujarnya.

Kuda Chester merumput dengan nyaman / Kuda Chester merumput dengan nyaman / Foto: Akhmad Mustaqim/detikcom




Ini merupakan kali pertama Arthayasa Stables menerima kuda yang pernah dipakai untuk delman seperti Chester. Saat ini, yang terpenting Chester memiliki aktivitas normal sebagai kuda.

"Intinya kita ingin mengembalikan kondisi Chester seperti kuda pada umumnya, makan rumput, berlari. Kita juga belum kasih treatment yang lain. Karena saat dibawa ke sini, meski kondisinya stress tapi dia termasuk kuda yang bersih untuk kategori kuda delman," kata Rizqi.

[Gambas:Video 20detik]




(imk/fjp)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed