DetikNews
Senin 21 Agustus 2017, 11:29 WIB

Kasus Suap APBD-P Malang, KPK Panggil 6 Anggota DPRD

Nur Indah Fatmawati - detikNews
Kasus Suap APBD-P Malang, KPK Panggil 6 Anggota DPRD Gedung baru KPK (Foto: Rachman Haryanto/detikcom)
Jakarta - KPK memanggil 7 saksi dalam kasus suap yang melibatkan Ketua DPRD Kota Malang Moch Arief Wicaksono. Mereka terdiri dari tersangka penyuap Kadis Pekerjaan Umum Perumahan dan Pengawasan Bangunan (PUPPB) Pemkot Malang, Jarot Edy Sulistyono, dan 6 Anggota DPRD Kota Malang.

Mereka antara lain Mohan Katelu, Abdul Rachman, Syaiful Rusdi, Priyatmoko Oetomo, Yaqud Ananda Gudban, dan Suprapto.

"Tersangka JES (Jarot Edy Sulistiyono) dan keenam Anggota DPRD Kota Malang akan diminta keterangan atas tersangka MAW (Moch Arief Wicaksono) terkait pembahasan APBD Perubahan Pemerintah Kota (Pemkot) Malang tahun anggaran 2015," ungkap Kabiro Humas KPK Febri Diansyah dikonfirmasi, Senin (21/8/2017).

Jarot Edy sendiri tadi tampak sudah berada di ruang tunggu KPK sekitar pukul 10.00 WIB. Ia mengenakan kemeja putih dan kacamata. Di lehernya tergantung kartu identitas bertali merah. Ia tampak didampingi kuasa hukumnya yang menggunakan jas hitam. Jarot juga tampak berbincang akrab dengan dua orang yang duduk di belakangnya. Salah satunya mengenakan kemeja putih, dan satu lagi berkemeja hitam.

Moch Arief Wicaksono diumumkan sebagai tersangka pembahasan APBD Perubahan dan pembangunan jalan pada Jumat (11/8). Dia disangka menerima Rp 700 juta dari Jarot Edy Sulistiyono selaku Kadis Pekerjaan Umum Perumahan dan Pengawasan Bangunan (PUPPB) Pemerintah Kota Malang pada 2015 terkait pembahasan APBD Perubahan Pemerintah Kota (Pemkot) Malang tahun anggaran 2015.

Sementara dalam kasus kedua Arief disangka menerima Rp 250 juta dari Hendarwan Maruszaman selaku Komisaris PT EMK. Suap terkait penganggaran kembali proyek pembangunan Jembatan Kedungkandang dengan nilai proyek Rp 98 miliar dalam APBD Pemkot Malang tahun anggaran 2016 pada 2015.


(nif/dhn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed