DetikNews
Senin 21 Agustus 2017, 04:56 WIB

Laporan Dari Jeddah

Menag Tiba di Jeddah, Temui Jemaah hingga Cek Bus dan Makanan

Triono Wahyu Sudibyo - detikNews
Menag Tiba di Jeddah, Temui Jemaah hingga Cek Bus dan Makanan Foto: Media Center Haji
Jeddah - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin yang juga Amirul Hajj tiba di Bandara King Abdul Aziz Jeddah. Sebelum bertolak ke Mekah, ia dan rombongan sempat menemui jemaah haji Indonesia dan mengecek kondisi bus.

Rombongan Menag tiba sekitar pukul 21.45 Waktu Arab Saudi (WAS), Minggu (20/8/2017). Saat keluar dari pintu kedatangan, dia didampingi Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Nizar Ali, Direktur Pelayanan Luar Negeri Sri Ilham Lubis, Direktur Bina Haji Khoirizi HD, Kabiro Humas Mastuki, Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Ahmad Dumyathi Basori, dan Kepala Daerah Kerja Bandara Arsyad Hidayat. Rombongan disambut Dubes RI Agus Maftuh Abegebriel dan Konsul Jenderal RI di Jeddah, M Hery Saripuddin.

Lukman menyapa jemaah haji kelompok terbang (kloter) 47 Jakarta-Pondok Gede (JKG 47) yang baru tiba di Jeddah. Juga menyempatkan diri berbincang dengan salah satu jemaah lanjut usia. Kemudian dia bergeser ke bus yang digunakan mengangkut jemaah.
Menag Tiba di Jeddah, Temui Jemaah hingga Cek Bus dan MakananFoto: Media Center Haji

"Alhamdulillah bus benar-benar baru. Joknya masih dilapisi plastik," kata Lukman.

Menag sempat mengecek makanan. Dia puas. "Ada nasi, sayuran, ayam, dan daging semur. Juga ada 2 botol air mineral dan buah apel. Mudah-mudahan mampu membantu menjaga kondisi fisik jemaah," tuturnya.

Kemenag, kata Lukman, berusaha memberikan layanan sebaik mungkin ke jemaah haji. Dia sejak awal menekankan ke panitia haji agar tahun ini layanan lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Sebagai Amirul Hajj, Menag akan memimpin langsung puncak haji. Dia akan berada di Arab Saudi hingga Senin, 11 September 2017.
Menag Tiba di Jeddah, Temui Jemaah hingga Cek Bus dan MakananFoto: Triono Wahyu Sudibyo/detikcom

(try/jor)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed