DetikNews
Sabtu 19 Agustus 2017, 01:18 WIB

Laporan Dari Madinah

Untaian Doa hingga Uang Rp 11 Juta Tercecer di Nabawi dan Hotel

Triono Wahyu Sudibyo - detikNews
Untaian Doa hingga Uang Rp 11 Juta Tercecer di Nabawi dan Hotel Petugas Perlindungan Jemaah Daerah Kerja Madinah Oon Fauzi. Foto: Triono/detikcom
Jakarta - Dari 102 ribu jemaah haji Indonesia yang mendarat di Madinah, saat ini sebagian besar di antaranya sudah bergeser ke Mekah. Ada banyak barang yang tertinggal di Masjid Nabawi dan hotel tempat jemaah menginap. Mulai dari tas, untaian doa, ponsel, hingga uang Rp 11 juta.

Petugas Perlindungan Jemaah (Linjam) Daerah Kerja (Daker) Madinah, Oon Fauzi, mengatakan barang-barang yang tertinggal di Masjid Nabawi diamankan petugas sektor khusus, kemudian diserahkan ke kantor Daker Madinah. Sedangkan barang yang tertinggal di hotel diamankan petugas sektor. Selanjutnya barang-barang tersebut dikirim ke Daker Mekah.

"Yang di Masjid Nabawi, sebagian besår berupa tas. Isinya dokumen, ponsel, dan uang," kata Fauzi di kantor Daker Madinah, Jumat (18/8/2017).

Ada kalanya barang tak diketahui identitasnya. Petugas pun melakukan penelusuran. Fauzi mencontohkan, ada tas berisi doa bertuliskan "Ya Alloh, kami sadar makanan di sini berbeda, tapi berikan lah kami nikmat sebagaimana makanan kami di Medan".

"Keterangan-keterangan seperti itu jadi petunjuk mengarah ke pemilik tas," ungkap pria yang juga anggota TNI AL berpangkat Mayor Laut ini.

Petugas juga sempat menemukan uang Rp 11 juta di hotel. Untungnya, uang itu disimpan di safety box, jadi aman. Barang tertinggal saat si empunya sudah bergeser ke Mekah dan hotel ditempati jemaah lain.

"Alhamdulillah aman dan sudah diberikan ke pemilik," kata lulusan IAIN Ciputat ini.

Sejak pemberangkatan jemaah gelombang pertama dari Tanah Air ke Madinah pada Jumat, 28 Juli, kantor Daker menjadi pusat aktivitas. Seluruh layanan, mulai dari perlindungan jemaah, katering, perumahan, hingga bimbingan ibadah, dikoordinasikan di tempat ini. Sementara untuk level teknis di-handle sektor (pemondokan).

Saat ini, petugas bersiap menyongsong puncak haji yang diperkirakan jatuh pada akhir Agustus 2017. Jemaah yang masih berada di Madinah, perlahan akan terus digeser ke Mekah. Minggu (20/8) adalah hari terakhir pergeseran jemaah.
(try/bag)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed