DetikNews
Minggu 13 Agustus 2017, 14:41 WIB

Dinilai Janggal, ICW Pertanyakan Tewasnya Saksi Kunci e-KTP di LA

Akhmad Mustaqim - detikNews
Dinilai Janggal, ICW Pertanyakan Tewasnya Saksi Kunci e-KTP di LA Foto: Infografis oleh Mindro Purnomo/detikcom
FOKUS BERITA: Saksi Kunci e-KTP Tewas
Jakarta - Indonesia Corruption Watch (ICW) menilai tewasnya saksi kunci kasus e-KTP, Johannes Marliem, di Los Angeles (LA), Amerika Serikat (AS) janggal. Menurutnya tewasnya Johannes berkaitan dengan momentum KPK yang tengah bergerak mengusut kasus e-KTP.

"Kita melihat tentu dari momentum, kalau orang meninggal kan kita tidak bisa prediksi, tentu itu kuasa (Tuhan). Tapi kalau kita melihat tentu ada kejanggalan. Kenapa momentumnya, meninggalnya saat kasus e-KTP sedang ditangani oleh KPK," kata peneliti ICW Aradila Caesar di kantornya di Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu (13/8/2017).


Dia pun meminta KPK untuk bekerja sama dengan otoritas AS untuk menyelidiki kematian Johannes. Caesar menilai jangan sampai kematian saksi kunci itu berdampak negatif dalam pembongkaran kasus e-KTP.

"Kita meminta KPK juga bekerja sama dengan pihak otoritas di Amerika Serikat untuk menyelidiki kematian dari saksi kunci tersebut. Jangan sampai kematiannya berdampak negatif dalam konteks membongkar kasus e-KTP tersebut," ucap Caesar.


Kabar tewasnya Johannes sampai saat ini masih misterius. Media lokal di LA menduga Johannes tewas di kediamannya di Beverly Grove karena bunuh diri.

Kabiro Humas KPK Febri Diansyah menegaskan bila pengusutan kasus e-KTP tidak akan terganggu dengan tewasnya Johannes.


(dhn/tor)
FOKUS BERITA: Saksi Kunci e-KTP Tewas
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed