DetikNews
Minggu 13 Agustus 2017, 12:33 WIB

Siap Tampil di Upacara HUT RI ke-72, Begini Latihan Paskibraka

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
Siap Tampil di Upacara HUT RI ke-72, Begini Latihan Paskibraka Foto: Hasan Alhabshy
Jakarta -

Pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) yang terdiri dari putra dan putri terbaik Indonesia dari berbagai provinsi telah siap tampil di upacara HUT RI ke-72. Pelatih kini masih memantapkan beberapa gerakan yang dinilai masih kurang.

"Untuk kesiapan yang sampai sekarang saya menilai baru 80 persen. Seharusnya setelah latihan gabungan ini yang tahun-tahun lalu saya bisa mencapai 95 persen. Tapi ini saya ekstra untuk melatih mereka, memantapkan, makanya masih 80 persen," ujar Pelatih Paskibraka HUT RI ke-72, Mayor Suswan, di Pusat Pemberdayaan Pemuda dan Olahraga Nasional (PPPON), Cibubur, Jakarta Timur, Kamis (10/8/2017).
Siap Tampil di Upacara HUT RI ke-72, Begini Latihan PaskibrakaPelatih memberikan arahan ke anggota (Foto: Hasan Alhabshy)

Suswan menilai peserta didiknya masih perlu memperhalus beberapa gerakan saat melakukan baris berbaris. Peserta didiknya juga perlu memperhalus gerakan saat menurunkan bendera merah-putih.

"Kekurangannya tinggal mereka itu memperhalus saja, gerakan-gerakan diperhalus, seperti pengibaran bendera, penurunan, mereka masih sedikit kurang hafal, mungkin memadukan lagunya, hitungan tarikan tali dan seperti itu. Mereka belum pas dalam hatinya atau pikirannya, nah itu yang kita harus pas kan tiap latihan," katanya.

Kondisi fisik dan mental dari anggota Paskibraka juga telah siap tampil pada upacara HUT RI ke-72 di Istana Merdeka. Suswan mengatakan pihaknya bersama pembina peserta terus memperhatikan berbagai kesiapan peserta termasuk asupan makanan.

"Untuk kondisi kesiapan bagus, ya ada lah satu dua, mungkin kadang-kadang pusing, mungkin paginya kurang sarapan, kurang dipaksakan seperti itu, jadi akhirnya pada saat latihan mereka pusing," imbuhnya.
Anggota Paskibraka berlatih mengibarkan bendera merah-putihAnggota Paskibraka berlatih mengibarkan bendera merah-putih (Foto: Hasan Alhabshy)

Anggota Paskibraka ini telah berlatih di Cibubur selama hampir 2 pekan. Latihan dilakukan di lapangan hingga materi kelas saat di asrama. Kekompakan merupakan salah satu hal utama yang diperhatikan pelatih.

"Ini latihan baru 2 minggu, baru hari ke-14. Saya terapkan dari mulai bangun pagi kita senam pagi. Kemudian kalau PBB itu juga salah satunya juga membentuk kekompakan. Di situ kita sudah menghilangkan ego mereka, kemudian di sela-sela waktu istirahat di situlah kita bentuk yang namanya yel-yel biar mereka kompak," jelasnya.
(nvl/tor)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed