DetikNews
Minggu 13 Agustus 2017, 11:33 WIB

Menjajal Koridor 13 Bus TransJ Sekaligus Wisata Akhir Pekan

Dwi Handayani - detikNews
Menjajal Koridor 13 Bus TransJ Sekaligus Wisata Akhir Pekan Antrean penumpang memadati bus TransJ koridor 13 (Foto: Dwi Andayani/detikcom)
Jakarta -

Koridor 13 TransJakarta (TransJ) jurusan Tendean-Ciledug dibuka gratis untuk hari ini. Banyak penumpang mengaku menjajal koridor 13 ini sambil wisata bersama keluarga.

Dari pantauan sejumlah warga terlihat antusias menjajal rute baru tersebut. Antrean penumpang terlihat memadati halte Puri Beta, Tangerang dan halte Adam Malik.

Untuk pengoperasian hari ini, bus TransJ di Koridor 13 hanya berhenti di 3 halte yaitu Tendean, Adam Malik, dan Puri Beta. Waktu yang ditempuh dari Jl Kapten Tendean, Jakarta Selatan menuju Puri Beta, Tangerang hanya 45 menit dalam kondisi jalan yang tidak padat. Sementara waktu tunggu bus yang melintas sekitar 20 menit.

Sejumlah penumpang memadati bus TransJ koridor 13Sejumlah penumpang memadati bus TransJ koridor 13 Foto: Dwi Andayani/detikcom


Sepanjang perjalanan terlihat beberapa warga sibuk berswafoto dan menikmati pemandangan saat melintas di Jalan Layang Tendean. AC di dalam bus terasa dingin, kursi yang masih baru itu juga terasa empuk. Salah satu warga Rahma (36) juga mengajak suami dan dua anaknya untuk mencoba bus TransJ rute ini.

"Kebetulan mau ke rumah keluarga di Tangerang, biasanya naik dari Kampung Rambutan, terus tahu ada ini, jadi juga coba sekalian, tahu dari internet," kata Rahma, Minggu (13/8/2017).



Hal senada juga diungkapkan penumpang lainnya. Dia mengaku waktu tempuh untuk melewati rute ini lebih cepat dan tidak banyak berhenti.

"Oh ini Blok M ya, biasanya lewat bawah sekarang lewat atas," ujar bapak itu ke anaknya.

Beberapa warga juga mengaku jika bus itu nyaman ditumpangi. "(Busnya) enak, lancar dan bagus (interiornya)," aku Romlah (45).

Sejumlah penumpang memadati bus TransJ koridor 13Sejumlah penumpang memadati bus TransJ koridor 13 Foto: Dwi Andayani/detikcom


Warga Paninggilan itu juga mengaku sengaja naik bus pergi-pulang hanya untuk menjajal rute tersebut. Dia juga mengaku tak akan kapok menumpangi bus tersebut.

"Iya, nyobain biar tahu kalau nggak gitukan nanti nggak tahu. Enak, lancar, bagus, oke," pujinya.

"Pasti naik lagi, pokoknya nggak kapok. Membantu orang-orang yang pada kerja," sambungnya.


Antrean warga di halte bus TransJakartaAntrean warga di halte bus TransJakarta Foto: Dwi Andayani/detikcom


Ketika tiba di halte Puri Beta, Tangerang, banyak warga yang sudah mengantre. Malahan mereka juga berebut untuk masuk dan memenuhi kursi yang ada di dalam bus.

Direktur TransJ Budi Kaliwono menyebutkan koridor itu nantinya juga melayani jurusan Ciledug ke arah Ragunan, tetapi hanya untuk hari ini saja. "Layanan Ciledug-Ragunan hanya akan beroperasi pada 13 Agustus 2017 saja," kata Budi dalam keterangan tertulis seperti dikutip dari website resmi TransJ, Minggu (13/8).

Untuk hari pertama, TransJ tidak akan memungut biaya bagi penumpang koridor 13. Budi mengatakan layanan gratis ini guna memberikan kesempatan pada masyarakat yang ingin mengakses koridor 13.



(ams/dhn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed