DetikNews
Minggu 13 Agustus 2017, 09:51 WIB

Kapolri Lepas Tim Polwan Pendaki Puncak Cartenzs

Mei Amelia R - detikNews
Kapolri Lepas Tim Polwan Pendaki Puncak Cartenzs Foto: dok. Polri
Papua - Kapolri Jenderal HM Tito Karnavian melepas kontingen ekspedisi Cartenzs Polwan. Sebanyak 24 Polwan akan menancapkan bendera Merah-Putih dan Tribrata di puncak Cartenzs, dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-72.

"Kita melepas Polwan-Polwan (yang) akan mendaki puncak Cartenzs, cuaca cerah," ujar Tito dalam keterangannya yang diterima detikcom, Minggu (13/8/2017).


Kapolri medoakan agar kontingen Polwan sukses menjalankan misinya dan berhasil mendaki puncak Cartenzs dengan selamat. "Semoga sukses, lancar dan bisa kembali dengan selamat dan bisa menancapkan bendera Merah-Putih, dan bendera Tribrata di atas puncak Cartenz, satu dari 7 summits di dunia dalam rangka 17 Agustus 2017, ulang tahun RI ke-72. Selamat ya," tutur Tito.

Kapolri melepas polwan pendaki puncak Cartenzs.Kapolri melepas polwan pendaki puncak Cartenzs. Foto: dok. Polri

Pelepasan Polwan ini dihadiri Ketua Umum Bhayangkari yang juga istri Kapolri Ny Tri Tito Karnavian, pada Sabtu (12/8/2017) di Timika, Kabupaten Mimika, Papua. Hadir juga Asistem SDM Kapolri Irjen Pol Arief Sulistyanto dan sejumlah pejabat Mabes Polri.

Rombongan tiba di Timika pada Jumat (10/8) pagi dan disambut oleh Gubernur Papua Lukas Enembe, Kapolda Papua Irjenpol Boy Rafli, Kasdam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI Herman Asaribab, Bupati Mimika Eltinus Omaleng, dan sejumlah pejabat dari Forkompimda Papua.


Puncak Carstensz dengan ketinggian 4.884 meter dari permukaan laut merupakan gunung tertinggi di Indonesia. Puncak Carstensz termasuk dalam tujuh gunung tertinggi di dunia yang disebut (seven summits).

Bagi yang mimim pengalaman, Puncak Cartenzs tidak disarankan untuk didaki, mengingat kondisi cuacanya yang mudah berubah serta tingginya potensi longsor yang membahayakan para pendaki.

"Kita ingin membuktikan anggota Polwan mampu secara fisik," kata Tito saat melepas tim Polwan yang akan mendaki Puncak Cartenz dalam upacara di kawasan pegunungan Tembagapura, Timika.


Dipilihnya tim Polwan untuk misi tersebut, karena menurut Tito, Polwan juga punya peluang yang sama dengan polisi laki-laki. Mantan Kadensus 88 Polri ini juga berharap nanti ada Kapolri dari Polwan.

"Mudah-mudahan suatu saat nanti Kapolrinya bisa dari polwan, sehingga memberikan nuansa baru," kata Tito.

Kapolri bersama Kombes Krishna Murti.Kapolri bersama Kombes Krishna Murti. Foto: dok. Polri

Ada tiga agenda utama Kapolri dalam kunjungan kerjanya ke Timika itu. Selain melepas tim Polwan untuk melakukan ekspedisi ke puncak Cartenzs, Kapolri juga ke Papua untuk meluncurkan aplikasi online Amole Polres Mimika, serta menyaksikan penandatanganan MoU Bhayangkara Papua Football Academy.

Usai dari Timika, Kapolri melanjutkan kunjungan kerja ke ibukota Papua Barat, Manokwari. Tito dan Ny Tri juga memyempatkan berfoto bersama dengan tim Polwan yang akan melakukan pendakian di pegunungan di Timika, Papua.
(mei/tor)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed