DetikNews
Kamis 10 Agustus 2017, 08:51 WIB

33 WN Sri Lanka Terdampar di Pantai Tureloto Nias

Jefris Santama - detikNews
33 WN Sri Lanka Terdampar di Pantai Tureloto Nias Ilustrasi pantai Foto: Johanes Randy
Medan - Sedikitnya 33 warga negara asing (WNA) Sri Lanka terdampar di Laut dekat Pantai Tureloto, Kecamatan Lahewa, Kabupaten Nias Utara, Sumatera Utara (Sumut). Mereka selamat setelah meminta tolong kepada nelayan setempat.

"Para penumpang berkewarganegaraan Sri Lanka berjumlah 33 orang dengan rincian 32 orang laki-laki dan seorang perempuan," kata Wakapolres Nias Kompol Herwansyah kepada detikcom, Kamis (10/8/2017).

Herwansyah mengatakan pihaknya mendapat laporan adanya kapal kayu berbendera Sri Lanka terdampar pada Rabu 9 Agustus 2017 sekitar pukul 10.00 WIB. Para WNA yang kapalnya rusak di tengah laut itu kemudian meminta tolong kepada nelayan setempat.

"Kemudian personel Polsek Lahewa yang mendapat laporan kemudian menuju ke lokasi. Nelayan setempat lalu menarik kapal tersebut ke Pelabuhan Lahewa," ujarnya.

Para WNA itu kemudian diperiksa dan polisi berkoordinasi dengan Camat Lahewa serta Dinas Sosial Kabupaten Nias Utara.

Herwansyah menjelaskan penumpang kapal tersebut berangkat dari Sri Langka menuju New Zealand dan Australia dengan tujuan menghindari adanya perang saudara. Namun, kapal yang mereka tumpangi rusak di tengah laut.

"Para penumpang kapal itu kemudian dibawa ke Aula Lurah Pasar Lahewa untuk diamankan sementara dan dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh tim medis Puskesmas Lahewa," kata dia.
(aan/aan)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed