DetikNews
Rabu 09 Agustus 2017, 03:02 WIB

Indonesia Raih Emas di Olimpiade Geografi Internasional 2017

Cici Marlina Rahayu - detikNews
Indonesia Raih Emas di Olimpiade Geografi Internasional 2017 Foto: Dok. Istimewa
Jakarta - Putera puteri terbaik Indonesia kembali unjuk gigi di Olimpiade Geografi Internasional ke-14 (iGeo 2017) yang diselenggarakan di Beogard, Serbia. Tim Indonesia berhasil membawa pulang 1 emas dan 2 perunggu.

Berdasarkan keterangan pers dari Kedutaan Besar Indonesia di Serbia, Selasa (8/8/2017), olimpiade ini digelar pada 1-8 Agustus 2017, dengan total sebanyak 300 peserta dari 40 negara. Tim Indonesia berjumlah 6 orang yang terdiri dari 2 orang official dan 4 peserta siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) yang berusia 16-19 tahun.

Tim Indonesia dipimpin oleh Syamsul Bahri sebagai pembimbing dan Dewayany Sutrisno. Sedangkan keempat pelajar bernama Fadhlan Ramadhan Sahid (SMAN 8 Jakarta), Kathy Salsabila (SMAN 2 Tangerang Selatan), Iqbal Ardiansyah (SMA Labschool Kebayoran Jakarta), dan Ari Wijaya Abadi (SMAN 3 Semarang).

"Tim Indonesia telah bertanding selama 10 hari di Beograd melawan pesaing-pesaing yang sangat tangguh dari seluruh dunia. Dalam pertandingan olimpiade yang berlangsung selama 10 hari tersebut, pelajar terbaik Indonesia berhasil memperoleh 1 medali emas dan 2 medali perunggu," kata Duta Besar Indonesia untuk Serbia, Harry R.J. Kandou, dalam keterangan persnya.

Tim Indonesia di iGeo 2017Tim Indonesia di iGeo 2017/Foto: Dok. Istimewa
Olimpiade iGeo terdiri dari 3 bagian tes, yakni tes tertulis sebesar 40%, tes kerja lapangan dan pembuatan keputusan sebesar 40%, serta tes multimedia sebesar 20%. Sedangkan pemenang diambil dari peraih nilai akumulasi tertinggi dari semua tes.

"Tiap peserta iGeo juga merupakan bagian dari tim nasional masing-masing negara, sehingga setiap negara juga akan memiliki penggabungan nilai dari 4 anggota tim mereka. Tujuan dari iGEO 2017 adalah untuk mengenalkan geografi, mengembangkan pemahaman geografi kepada khalayak muda serta mengembangkan kualitas yang lebih baik untuk ilmu geografi di seluruh dunia," lanjutnya.

Dalam kegiatan ini, KBRI Beograd sebagai perwakilan Pemerintah Indonesia memberi dukungan penuh terhadap tim. Beberapa dukungan juga diberikan, salah satunya berupa dukungan moral dari Duta Besar RI.

"Mulai dari dukungan berupa pengetahuan dan pendampingan pada saat Tim Indonesia melakukan survei lapangan. Hingga memberikan dukungan moral dari Duta Besar RI sebelum pertandingan. Pada saat pertandingan, hingga pada saat pengumuman peraihan medali di acara Closing Ceremony," tutupnya.
(cim/rna)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed