DetikNews
Rabu 26 Juli 2017, 11:40 WIB

Kakorlantas: Mudik 2017 Lancar karena Tak Ada Ego Sektoral

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Kakorlantas: Mudik 2017 Lancar karena Tak Ada Ego Sektoral Kakorlantas Irjen Rocke Lumowa (Dwi Andayani/detikcom)
Jakarta - Kakorlantas Polri Irjen Royke Lumowa menyebut mudik 2017 sangat lancar dibanding tahun lalu. Kesuksesan ini tercapai karena kerja sama semua pemangku kepentingan.

"Kami target membuat lebih lancar dan selamat. Bagaimana agar lebih lancar dan lebih selamat? Untuk mencapai target, apa yang kami bersama lakukan dengan semua stakeholder," ujar Royke di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (26/7/2017).

Mudik tahun ini terbilang lancar. Royke bahkan menyebut ada perbedaan waktu tempuh pemudik dari Jakarta ke daerah Jawa Tengah yang sangat signifikan dibanding tahun lalu.

"Jakarta-Jateng tahun lalu 48-50 jam. Tahun ini 14-20 jam daerah Semarang dan sekitarnya, kurang-lebihlah. Rata-rata, average, 14-20 jam," ucap Royke.

Dari sisi keselamatan, terjadi juga peningkatan keamanan. Ini dilihat dari data jumlah kecelakaan mudik 2017.

"Keselamatan? Tadi Pak Menhub menyampaikan terjadi penurunan di semua lini. Korban manusia turun tahun lalu, begitu juga luka berat dan luka ringan," ujarnya.

"Kenapa bisa turun? Kita berdosa ubah angka. Kita punya data pembanding di rumah sakit," ucap dia.

Lebih lanjut kesuksesan mudik tahun ini, dikatakan Royke, tercapai karena semua institusi yang terlibat dalam menangani arus mudik tidak mengedepankan ego masing-masing. Semua bekerja secara terpadu.

"Apa yang dilakukan sampai seperti ini? Intinya seperti ini. Pertama, keterpaduan melepas ego sektoral. Kalau tahun lalu kementerian A, B, atau Polri melakukan hal menurut mereka bagus, tapi belum tentu bagus keterpaduan. Ini ada keterpaduan, baik eksternal atau internal," papar Royke.
(gbr/tor)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed