DetikNews
Senin 17 Juli 2017, 20:57 WIB

Novanto Tersangka Kasus e-KTP, MKD DPR Tunggu Surat KPK

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Novanto Tersangka Kasus e-KTP, MKD DPR Tunggu Surat KPK Sarifuddin Sudding (Heldania Utri Lubis/detikcom)
Jakarta - KPK menetapkan tersangka baru dalam kasus korupsi e-KTP, yakni Ketua DPR Setya Novanto. Menanggapi status Novanto, Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR menyebut Novanto akan segera diproses dengan ketentuan tertentu.

Wakil Ketua MKD Sarifuddin Sudding menyebut MKD akan mengambil tindakan sesuai dengan perkembangan proses hukum yang berlaku. Novanto belum akan diproses oleh MKD.

"Kita ikuti proses perkembangannya di KPK," jelas Sudding saat dihubungi wartawan, Senin (17/7/2017).

Sudding menyebut MKD akan terus memantau kelanjutan kasus Novanto. Pihaknya menunggu surat soal status Novanto sebelum menentukan langkah lanjutan.

"MKD akan memantau dan meminta keterangan dari KPK tentang status Pak Nov secara resmi. Perlu ada bukti tertulis, katakanlah seperti itu, dari institusi penegakan hukum tentang penetapan seseorang jadi tersangka," tutur Sudding.

"Karena sudah masuk ranah hukum KPK, makanya kita minta konfirmasi dari KPK terkait status Novanto," tegas Sekjen Hanura ini.

KPK menetapkan Setya Novanto sebagai tersangka baru e-KTP. Ketum Golkar itu disangka melanggar Pasal 3 atau 2 ayat 1 UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Dia terancam hukuman seumur hidup.

[Gambas:Video 20detik]


(gbr/imk)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed