DetikNews
Senin 17 Juli 2017, 20:28 WIB

Pencabutan BAP Miryam Tak Jadi Kendala KPK dalam Pengusutan Novanto

Nur Indah Fatmawati - detikNews
Pencabutan BAP Miryam Tak Jadi Kendala KPK dalam Pengusutan Novanto Ketua KPK Agus Rahardjo (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta - KPK mengatakan pencabutan berita acara pemeriksaan (BAP) oleh anggota DPR Miryam S Haryani tidak akan menjadi kendala bagi KPK dalam menyidik Setya Novanto. Novanto sebelumnya ditetapkan sebagai tersangka kasus e-KTP.

"Nanti kita adu bukti di pengadilan. Kan ada kesaksian palsu, dan dalam persidangan kita akan membuka rekaman kalau diminta pengadilan," ujar Ketua KPK Agus Rahardjo saat jumpa pers di gedung KPK, Jakarta Selatan, Senin (17/7/2017).

[Gambas:Video 20detik]

Novanto merupakan tersangka keempat dalam kasus e-KTP. Novanto, yang kala itu menjabat Ketua Fraksi Golkar di DPR, disangka telah mengkondisikan pengadaan barang dan jasa proyek e-KTP.

"Saudara Setya Novanto melalui AA (Andi Agustinus) diduga telah mengkondisikan pengadaan barang dan jasa KTP elektronik," kata Agus.

Agus menjelaskan Setya Novanto diduga memiliki peran dalam setiap proses pengadaan e-KTP. Mulai perencanaan, pembahasan anggaran, hingga pengadaan barang dan jasa.

"Saudara SN melalui AA diduga memiliki peran, baik dalam proses perencanaan, pembahasan anggaran, hingga pengadaan barang dan jasa," jelas Agus.

Akibat perbuatannya, Novanto, yang kini menjabat Ketua DPR, disangka melanggar Pasal 3 atau 2 ayat 1 UU Tipikor juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHPidana.
(nif/idh)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed