DetikNews
Senin 17 Juli 2017, 18:42 WIB

Indonesia Kembali Kirim Pasukan Perdamaian ke Wilayah Konflik

Muhammad Taufiqqurrahman - detikNews
Indonesia Kembali Kirim Pasukan Perdamaian ke Wilayah Konflik Ilustrasi (Pool)
Jakarta - Indonesia kembali mengirimkan pasukan ke wilayah-wilayah berkonflik sebagai pasukan perdamaian di bawah bendera Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Tahun ini Indonesia mengirimkan 1.040 personel.

"Barusan rapat dengan Pak Wapres, tadi juga sempat dibahas juga dengan Pak Presiden waktu rapat bersama, kemudian dilanjutkan pembicaraan lebih detail, yaitu mengenai pengiriman peace keeper kita," kata Menlu Retno LP Marsudi di kantor Wapres, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin (17/7/2017).

Sejauh ini, di era pemerintahan Joko Widodo (Jokowi), Indonesia telah mengirimkan 2.719 dari 4.000 personel yang menjadi target pemerintah hingga 2019. Komitmen ini juga telah kembali ditegaskan oleh Indonesia saat Wapres Jusuf Kalla (JK) hadir dalam pertemuan Leader Summit on Peace Keeping di New York, Amerika Serikat (AS), pada September 2015.

"Oleh karena itu, dalam tadi membahas dalam waktu dekat mudah-mudahan tahun ini kita sudah menambah lagi deployment penambah pasukan yang terdiri dari 1 batalion komposit TNI yang jumlahnya 800 personel dan 1 form police unit Polri 140 personel dan kemudian 100 individual officer atau kita sebut IPO, yang jumlahnya 100," sebut Retno.

Dalam rapat itu, lanjut Retno, dibahas soal kesiapan pasukan Indonesia, termasuk soal pelatihan, sebelum diberangkatkan dan masalah pendanaan.

"Bujetnya sebenarnya tidak begitu berat karena cost-nya itu akan reimburse oleh UN setiap 3 bulan. Jadi tidak akan masalah untuk cost-nya," ucapnya.

"Oleh karena itu, dengan Pak Wapres, kita menghitung secara lebih detail. Pasukannya, pelatihannya, dan pendanaannya," tuturnya.
(tfq/idh)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed