DetikNews
Minggu 09 Juli 2017, 18:37 WIB

Jokowi Ajak Keluarga ke Jerman, Mensesneg: Presiden Tak Punya Cuti

Arief Ikhsanudin - detikNews
Jokowi Ajak Keluarga ke Jerman, Mensesneg: Presiden Tak Punya Cuti Jokowi dan Iriana saat mendarat di Jakarta / Foto: Arief Ikhsanudin/detikcom
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membawa keluarganya saat lawatan ke Turki dan Jerman. Menteri Sekretaris Negara Pratikno menyampaikan hal tersebut adalah hal yang wajar karena Presiden tidak bisa mengajukan cuti.

"Jadi artinya, bagaimana tanpa cuti tapi di sela-sela itu bisa berinteraksi dengan keluarga. Ini kan yang nama presiden juga jelas manusia sebagai bapak, sebagai kakek, sebagai orang tua, sebagai kepala keluarga dan seterusnya," ucap Pratikno di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Minggu (9/17/2017).



Menurut Pratikno, tidak ada tradisi cuti bagi presiden di Indonesia. Hal ini beda dengan negara lain.

"Pegawai negeri masih ambil cuti, tapi presiden tidak pernah ambil cuti jadi kita tidak ada aturan sampai sekarang mengenai cuti dan saya bisa membayangkan memang sangat berat siapapun presidennya. Seperti presiden Amerika Serikat misalnya yang punya tradisi cuti tapi kita tidak punya tradisi cuti," ujar Pratikno.

Namun, Pratikno menjamin meski keluarga ada yang ikut, namun tidak membebani negara. Biaya tambahan akan ditanggung pribadi oleh Jokowi.

"Jadi kalau ada tambahan kamar di luar kompartemen kamarnya presiden yaitu menjadi tanggung jawab pribadi pak presiden," kata Pratikno.

Selian itu, Pratikno menilai pemerintahan Jokowi mengedepankan efektif dan efisien. Bahkan, sampai mengurangi kenyamanan presiden sendiri.

"Jadi kalau kita kunjungan ke luar negeri berderet pesawat tamu-tamu kepala negara yang paling kecil pesawat Republik Indonesia jadi yang lain model semacam Garuda tapi kalau ini emprit saja kecil," ucap Pratikno



Sebelumnya diberitakan, Jokowi terbang ke Turki untuk melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Turki, Recep Tayyip Erdo─čan. Dari Turki, Jokowi kemudian bertolak ke Hamburg, Jerman untuk mengikuti KTT G-20.

Semua keluarga presiden ikut dalam rombongan. Mereka adalah anak pertama Gibran Rakabuming Raka, istrinya Selvi Ananda, dan anaknya. Anak kedua Jokowi Kahiyang Ayu, dan anak bungsu Kaesang Pangarep juga ikut dalam rombongan.


(aik/imk)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed