DetikNews
Minggu 09 Juli 2017, 17:07 WIB

Kasus e-KTP, KPK Kembali Panggil Anggota DPR Lagi Termasuk Novanto

Dhani Irawan - detikNews
Kasus e-KTP, KPK Kembali Panggil Anggota DPR Lagi Termasuk Novanto Ilustrasi gedung KPK (Foto: dok detikcom)
Jakarta - Pada pekan lalu, penyidik KPK memanggil rombongan anggota DPR baik yang masih aktif maupun tidak berkaitan dengan kasus dugaan korupsi proyek e-KTP. Para anggota DPR itu ada yang hadir tetapi ada pula yang absen atau malah mangkir.

Bagi mereka yang absen atau mangkir, penyidik KPK sudah menjadwalkan ulang pemeriksaan pada minggu depan. Mereka akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Andi Agustinus alias Andi Narogong.

"Sejumlah saksi baik dari anggota DPR atau satu orang ibu rumah tangga yang belum hadir minggu lalu akan dipanggil kembali. Mulai besok Senin (10/7) direncanakan sejumlah saksi tersebut akan dijadwalkan ulang diperiksa dalam kasus e-KTP untuk tersangka AA (Andi Agustinus)," kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah ketika berbincang, Minggu (9/7/2017).

Febri menyebut agar para saksi yang dipanggil itu untuk hadir. Dia mengatakan kepatuhan dalam menjalani kewajiban hukum sangat diperlukan untuk kelancaran proses penyidikan kasus tersebut.

"Kami ingatkan agar mematuhi kewajiban hukum untuk memenuhi panggilan sebagai saksi. Sikap koperatif akan lebih dihargai," ujar Febri.

Dari catatan detikcom, ada 10 orang yang tidak hadir dalam pemanggilan KPK pada pekan lalu, termasuk Ketua DPR Setya Novanto. Namun, Sekjen Golkar Idrus Marham memastikan Novanto akan hadir bila KPK menjadwalkan ulang pemeriksaan.

"Bila ada panggilan dari KPK akan dipenuhi," tegas Idrus.

Berikut 10 orang yang dipanggil KPK pada pekan lalu dan tidak hadir serta akan dipanggil lagi pada pekan depan:

1. Ade Komarudin
2. Netty Marliza (istri Ade Komarudin)
3. Numan Abdul Hakim
4. Teguh Juwarno
5. Taufiq Effendi
6. Djamal Aziz
7. Tamsil Linrung
8. Agun Gunandjar Sudarsa
9. Mirwan Amir
10. Setya Novanto


(dhn/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed