DetikNews
Jumat 07 Juli 2017, 08:32 WIB

Sah! Muzammil Hasballah Resmi Nikahi Sonia Ristanti

Agus Setyadi - detikNews
Sah! Muzammil Hasballah Resmi Nikahi Sonia Ristanti Pernikahan Muzammil Hasballah (Foto: Agus Setyadi/detikcom)
Banda Aceh - Qari muda bersuara merdu Muzammil Hasballah (24) telah melangsungkan ijab qabul di Masjid Agung Al-Makmur, Banda Aceh, Aceh. Ia kini sah menjadi suami dari perempuan bernama Sonia Ristanti (22).



Pantauan detikcom, prosesi akad nikah dimulai sekitar pukul 06.30 WIB, Jumat (7/7/2017). Muzammil duduk di depan penghulu dengan mengenakan jas dan dasi kupu serta dipadu dengan kemeja putih. Sebelum proses ijab qabul, Muzammil terlebih dulu melantunkan ayat suci Alquran sebanyak tiga surat yaitu surat Annisa ayat 34, surat Arrum ayat 21 dan surat At-Tahrim ayat 6.


Selain melantunkan ayat suci, Muzammil juga membaca arti dari surat-surat tersebut. Proses akad nikah yang diawali salat Subuh bersama ini dihadiri jemaah yang memenuhi hingga ke lantai dua masjid. Para jemaah menyaksikan dari awal hingga selesai prosesi pernihakan Muzammil.

Sah! Muzammil Hasballah Resmi Nikahi Sonia RistantiFoto: Agus Setyadi/detikcom
Bertindak sebagai wali nikah yaitu ayah kandung Sonia, Idris. Proses ijab qabul berlangsung lancar dan dengan disahut sah oleh jemaah yang hadir.

"Saya terima nikah Sonia Ristanti anak kandung bapak untuk saya dengan mahar 20 mayam emas, tunai," kata Muzammil saat menyambut nikah.

Sah! Muzammil Hasballah Resmi Nikahi Sonia RistantiFoto: Agus Setyadi/detikcom
Setelah itu, Sonia baru dibawa masuk ke dalam Masjid dan duduk di samping Muzammil. Ia mengenakan cadar sehingga hanya kelihatan dua bola matanya. Sonia terlihat beberapa kali menangis haru saat duduk bersanding dengan Muzammil.

Prosesi akad nikah dilanjutkan dengan momen penyerahan mahar dari Muzammil kepada Sonia dan doa suami untuk istri. Sonia juga diminta untuk salam takzim kepada suami dengan mencium kedua tangan Muzammil.

Sah! Muzammil Hasballah Resmi Nikahi Sonia RistantiFoto: Agus Setyadi/detikcom
Prosesi akad nikah Muzammil berakhir sekitar pukul 08.00 WIB. Jemaah yang hadir sempat berebutan bersalaman dengan Muzammil, tapi panitia masjid langsung membawanya ke dalam sebuah ruangan. Tak lama berselang, ia meninggalkan lokasi.
(rna/rna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed