DetikNews
Selasa 04 Juli 2017, 16:03 WIB

Menhub Umumkan Hasil Evaluasi Mudik Rabu

Heldania Ultri Lubis - detikNews
Menhub Umumkan Hasil Evaluasi Mudik Rabu Ilustrasi mudik
FOKUS BERITA: Traffic Mudik
Jakarta - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebut hasil rekapitulasi penyelenggaraan angkutan Lebaran 2017 akan diumumkan paling lambat besok. Namun, secara umum, ia menyebut persentase pemudik yang meninggal tahun ini turun 40 persen dibanding tahun lalu.

"Tentang hasil, saya lagi rekap, akan saya umumkan paling lama besok bagi besaran itu (jumlah pemudik yang meninggal). Tapi secara umum, yang meninggal itu turun 40 persen," ujar Budi setelah menutup posko angkutan Lebaran terpadu tahun 2017, yang berlangsung di kantornya, Jalan Medan Merdeka Barat, Selasa (4/7/2017).

Budi mengatakan, berdasarkan laporan yang ia terima dari Dirjen Perhubungan Darat serta Kakorlantas, kecelakaan yang terjadi bukan di jalur Lebaran. Ia menyebut banyak kecelakaan yang terjadi, baik di jalan provinsi maupun jalan kabupaten.

"Oleh karena itu, rekomendasinya kita minta pemerintah daerah untuk proaktif. Kita harapkan supaya pemda mulai aktif dari sekarang. Saya juga mengapresiasi pemda Jateng yang menutup pasar tumpah dan juga Pemda Jabar yang menutup kegiatan komersial sehingga memperkecil kemacetan pada arus mudik dan balik Lebaran kemarin," katanya.

Selain itu, Budi mengakui masih memiliki beberapa pekerjaan rumah yang harus segera diselesaikan. Salah satunya soal peningkatan yang cukup signifikan jumlah pengguna sepeda motor saat mudik Lebaran tahun ini.

"Memang ini kita prihatin (banyaknya angka pemudik sepeda motor). Ini adalah PR kita untuk menambah mudik gratis dan memberikan layanan yang baik. Kalau kita sudah memberikan layanan angkutan transportasi massal yang baik, sudah bagus, ya nantinya masyarakat itu nggak akan naik motor lagi," tutur Budi.

Budi mengatakania akan terus melakukan peningkatan pada angkutan massal, seperti kereta api, angkutan laut, dan bus. Untuk bus, Budi menyebut telah menugasi Dirjen Perhubungan Darat melakukan pemantauan guna meningkatkan layanan bus menjadi lebih baik.

"Kita akan tingkatkan terus dan akan kita awasi betul sehingga pemanfaatan angkutan massal ini bisa maksimal. Selain itu, soal mudik gratis tahun ini, angkanya masih cukup kecil sekitar 300 ribu, tapi kita melihat ada spirit perusahaan untuk berkontribusi sehingga kita harapkan tahun depan mudik gratis ini jumlahnya bisa meningkat," ucap Budi.
(hld/rvk)
FOKUS BERITA: Traffic Mudik
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed