DetikNews
Rabu 28 Juni 2017, 15:50 WIB

Melihat Rumah Masa Kecil Obama di Kompleks UGM Yogyakarta

Bagus Kurniawan - detikNews
Melihat Rumah Masa Kecil Obama di Kompleks UGM Yogyakarta Rumah Obama di Yogyakarta. (Bagus Kurniawan/detikcom)
Jakarta - Liburan Barack Obama ke Yogyakarta kali ini mengulang memori di masa lalu. Diketahui, pada masa kecil, Obama pernah tinggal di kompleks perumahan dosen Universitas Gadjah Mada (UGM) di Bulaksumur Blok D/7, Yogyakarta.

Semasa kecil, Obama tinggal di tempat tersebut, khususnya saat liburan. Ia juga sering bermain di sekitar Ngasem dan kompleks Tamansari sekitar 1977. Rumah tersebut telah diubah menjadi museum yang dikelola oleh UGM. Tampak rumah bergaya klasik dengan warna putih.

Rumah Obama di Yogyakarta.Rumah Obama di Yogyakarta. (Bagus Kurniawan/detikcom)


Adik tiri Obama, Maya Soetoro, pada 11 Juni 2013 pernah mengunjungi rumah yang pernah ia tinggali itu. Maya turut didampingi Rektor UGM Prof Dr Pratikno.

Rumah Obama di Yogyakarta.Rumah Obama di Yogyakarta. (Bagus Kurniawan/detikcom)

Di dalam museum, terdapat berbagai benda yang berkaitan dengan Obama. Seperti tempat tidur hingga foto sewaktu Obama masih kecil.

Maya Soetoro di Museum UGM.Maya Soetoro di Museum UGM. (Bagus Kurniawan/detikcom)

Salah satu yang menarik adalah figura dengan foto Obama kecil yang tersenyum. Di foto itu tertulis 'Ruang Barry (Barack Hussein Obama)'.

"Semasa kecil, Presiden Amerika Serikat Barack Hussein Obama pernah menghabiskan sebagian waktunya di rumah ini. Biasanya saat libur panjang puasa (1967-1971) dengan kereta api, ia pergi ke Yogyakarta bersama ibunya, Ann Dunham, dan ayah tirinya, Dr Soetoro," tulis penggalan teks dalam foto.

Belum diketahui apakah Obama akan mengunjungi rumah ini untuk bernostalgia saat berada di Yogyakarta.
(bgs/nkn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed