DetikNews
Senin 19 Juni 2017, 22:57 WIB

971 Orang Ikut Mudik Gratis dari Pelabuhan Tanjung Priok

Jabbar Ramdhani - detikNews
971 Orang Ikut Mudik Gratis dari Pelabuhan Tanjung Priok Sebanyak 971 orang memanfaatkan mudik gratis menggunakan KM Dobonsolo dengan tujuan Semarang, Jawa Tengah, Senin (19/6/2017). (Jabbar Ramdhani/detikcom)
Jakarta - Sebanyak 971 orang memanfaatkan mudik gratis melalui Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Mereka mudik menggunakan KM Dobonsolo dengan tujuan Semarang, Jawa Tengah.

"Kalau di sini kita lihat ada KM Dobonsolo yang akan ke Semarang yang mengangkut arus mudik. Tadi ada motor 461 unit. Dan penumpang sebanyak 971 orang," kata Kasudinhub Jakut Benhard Hutajulu di lokasi setelah melakukan peninjauan, Senin (19/6/2017).

Dia menyambut positif kegiatan mudik gratis ini. Dengan mudik gratis lewat jalur laut, jumlah sepeda motor yang digunakan untuk mudik ke kampung halaman menjadi berkurang.

Mudik gratis menggunakan KM Dobonsolo dengan tujuan Semarang, Jawa Tengah, Senin (19/6/2017)Mudik gratis menggunakan KM Dobonsolo dengan tujuan Semarang, Jawa Tengah, Senin (19/6/2017) Foto: Jabbar Ramdhani/detikcom


"Jadi kita ucapkan terima kasih sekali karena Pelni sudah memfasilitasi mudik gratis sehingga mengurangi beban jalan raya. Karena sebagaimana kita ketahui di darat lebih besar potensi kecelakaannya ini," ujarnya.

Mudik gratis lewat jalur laut diharapkan menjadi alternatif pilihan masyarakat. Sebab, fasilitas kapal laut untuk mudik cukup lengkap.

"Kalau di sini bisa istirahat, kapalnya bersih, dapat dilayani. Semoga ke depan dapat lebih diminati lagi," kata Benhard.

Sementara itu, Kepala Cabang Pelni Tanjung Priok Masrul berharap lewat kegiatan ini, minat warga menggunakan fasilitas mudik gratis meningkat sehingga dapat menekan jumlah kecelakaan di jalan.

"Jadi tahun 2016 tidak ada. Tapi tahun ini muncul lagi. Intinya, kita berharap dengan adanya pengalihan kendaraan yang biasanya lewat darat lalu dialihkan ke laut paling tidak dapat mengurangi tingkat kecelakaan," ujar Masrul.

KM Dobonsolo melayani empat kali perjalanan mudik menuju Semarang. Perjalanan dilakukan dari tanggal 17 sampai 23 Juni 2017 yang ditargetkan dapat membawa sebanyak 5.000 penumpang.

 Ada 461 unit yang diangkut dalam kapal laut mudik gratis Ada 461 unit yang diangkut dalam kapal laut mudik gratis. (Jabbar Ramdhani/detikcom)

"Rata-rata kalau lihat culture masyarakat kita biasanya H-3. Karena masyarakat kita hampir 80 persen pekerja. Mereka harus disesuaikan dengan izin cuti dahulu," ujarnya.

Dalam mudik gratis ini, perjalanan KM Dobonsolo berangkat setiap pukul 16.00 WIB. Syarat yang harus dipenuhi bagi warga yang ingin mengikuti mudik gratis adalah dua orang penumpang dewasa dengan satu anak.

Selain itu, calon pemudik harus memiliki surat-surat, seperti STNK, SIM, KTP, dan KK, serta hanya membawa satu unit motor.
(jbr/fdn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed