DetikNews
Senin 19 Juni 2017, 18:39 WIB

Polri Imbau Warga Berani Tolak Pungli Jelang Lebaran

Ahmad mustaqim - detikNews
Polri Imbau Warga Berani Tolak Pungli Jelang Lebaran Foto: Komjen Dwi Prayitno (Kim-detikcom)
Jakarta - Kepala Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli), Komjen Dwi Priyatno mengimbau warga harus berani menolak pungutan liar. Dwi mengatakan pungli saat Lebaran ini akan marak, mulai dari administrasi hingga di jalur mudik dan tempat wisata.

"Artinya kan di situ ada unsur paksaan harusnya Rp 100 ribu menjadi Rp 150 ribu, tidak ada pungutan jadi ada pungutan. itu yang harus ditolak, yang sebetulnya dalam bahasa hukum bisa pemerasan bisa penyuapan," kata Komjen Dwi Priyatno, saat ditemui di kantor Kemenko Polhukam, Jalan Merdeka Barat, Gambir, Jakarta Pusat, Senin (19/6/2017).

Dwi telah menugaskan kepada petugasnya yang berada di daerah untuk ikut bergelut melawan Pungli. Dia telah mencirikan beberapa pelayan yang sangat rawan terjadi pungutan liar di saat menjelang lebaran seperti ini.

"Ada beberapa laporan yang diterima, baik parkir, tiket, perizinan, ada pungutan sekolah yang di luar ketentuan, dan sebagainya," ujar Dwi.

Dia menjelaskan jika masyarakat berani melawan pungli, itu bisa membantu dalam rangka membangun pemerintahan yang bersih. Menurutnya ada beberapa kasus operasi tangkap tangan yang dilakukan atas dasar laporan masyarakat.

"Ada di pertemuan terakhir ini ditemukan OTT berdasarkan laporan masyarakat, jadi masyarakat melaporkan, nah kita dalami, dan masyarakat harus berani menjadi Saksi untuk memudahkan Operasi tangkap tangan," ungkap Dwi.
(rvk/rvk)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed