DetikNews
Senin 19 Juni 2017, 18:52 WIB

Kamaludin Benarkan Uang USD 20 Ribu untuk Umrah Patrialis Akbar

Faiq Hidayat - detikNews
Kamaludin Benarkan Uang USD 20 Ribu untuk Umrah Patrialis Akbar Patrialis Akbar (agung/detikcom)
Jakarta - Bos CV Sumber Laut Perkasa, Basuki Hariman membantah memberikan USD 20 ribu untuk Patrialis Akbar berangkat umrah. Basuki mengatakan, uang USD 20 ribu tersebut untuk Kamaludin berlibur ke Singapura.

"Itu untuk Kamaludin. Dia (Kamaludin) bicara mau umrah dan sekali-sekali dong aku mau liburan sama anak ke Singapura. Itu kalimatnya dia (Kamaludin) pada saya. Tidak pernah dia (Kamaludin) bilang itu untuk Patrialis," kata Basuki saat bersaksi sidang terdakwa Patrialis Akbar dan Kamaludin kasus suap hakim di Pengadilan Tipikor, Jl Bungur Besar, Jakarta, Senin (19/6/2017).

Atas kesaksian Basuki itu, ketua majelis hakim, Nawawi Pamolango menkonfirmasi kepada Kamaludin. Nawawi menanyakan kepada Kamaludin soal uang USD 20 ribu itu apakah benar untuk Patrialis Akbar berangkat umrah. Sebab, Basuki telah membantah uang itu.

"Yang disampaikan Basuki tidak benar dipergunakan untuk saya pergi umrah, Yang Mulia. Yang saya tahu waktu itu untuk kegiatan saya di luar negeri dan kedua untuk Patrialis umrah, dibicarakan juga waktu pertemuan di Penang," jawab Kamaludin.

Dalam pertemuan di restoran Penang Bistro, Kamaludin mengatakan Basuki mendengar uang USD 20 ribu untuk Patrialis berangkat umrah. Basuki juga yang memberikan langsung uang tersebut.

"Pak Basuki juga sampaikan waktu itu. Pak Basuki juga mendengar juga waktu itu," ujar Kamaludin.

Dalam kasus ini, didakwa menerima uang USD 70 ribu dari Basuki Hariman dan Ng Fenny melalui Kamaludin berkaitan dengan uji materi undang-undang nomor 41 tahun 2014 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan. Uang itu untuk berangkat umrah.
(asp/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed