DetikNews
Kamis 15 Juni 2017, 16:10 WIB

Usai Diperiksa KPK, Gamawan Fauzi Tegaskan Tak Kenal Andi Narogong

Nur Indah Fatmawati - detikNews
Usai Diperiksa KPK, Gamawan Fauzi Tegaskan Tak Kenal Andi Narogong Gamawan Fauzi (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta - Mantan Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi kembali menegaskan tidak mengenal Andi Agustinus alias Andi Narogong, tersangka kasus dugaan korupsi proyek e-KTP. Gamawan mengaku hanya dikonfirmasi penyidik KPK terkait hal-hal yang sebelumnya ditanyakan.

"Nggak ada pertanyaan, hanya konfirmasi yang dulu bahwa saya belum pernah ketemu Andi dan saya nggak kenal sama dia. Itu saja," ucap Gamawan setelah menjalani pemeriksaan di KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Kamis (15/6/2017).

Gamawan kembali membantah anggapan ikut menerima uang dari Andi. Dia merasa tidak kenal dengan Andi sehingga tidak mungkin menerima uang.

"Kenal saja nggak, ketemu saja nggak, gimana," ucap Gamawan.

Gamawan memang pernah diperiksa di Pengadilan Tipikor pada Kamis, 16 Maret lalu. Saat itu, Gamawan membantah apa yang tertera dalam dakwaan Irman dan Sugiharto.

Dalam dakwaan tersebut, Gamawan disebut menerima USD 4,5 juta dan Rp 50 juta terkait proyek tersebut. Salah satu pemberian yang diungkap KPK adalah pemberian USD 2,5 juta dari Andi kepada Gamawan melalui saudaranya, Azmin Aulia, pada Juni 2011 untuk memperlancar proses penetapan pemenang lelang.

Namun Gamawan membantahnya. Dia juga menjelaskan Rp 50 juta itu adalah uang honor sebagai pembicara di lima provinsi.

"Nggak ada itu, itu kan ditandatangani. Kalau saya ceramah di KPK dulu dikasih honor juga, tanda tangani," ucap Gamawan.
(dhn/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed