detikNews
Rabu 31 Mei 2017, 17:22 WIB

DPR Bentuk Pansus RUU Tembakau

Aditya Mardiastuti - detikNews
DPR Bentuk Pansus RUU Tembakau Rapat paripurna DPR/Foto: Andhika Prasetia/detikcom
Jakarta - Pemerintah hingga saat ini belum mengirimkan daftar inventaris masalah (DIM) untuk membahas RUU Pertembakauan. Meski begitu, DPR sudah membentuk Panitia Khusus (Pansus) RUU Pertembakauan.

"Pansus ini merupakan bagian dari proses lanjutan, oleh karena itu nanti dari pansus membahas bersama pemerintah," kata Ketua Pansus RUU Pertembakauan Firman Soebagyo, saat berbincang, Rabu (31/5/2017).

Firman menyebut total anggota Pansus RUU Pertembakauan berjumlah 30 orang. Firman menyebut dalam rapat, pansus akan menanyakan alasan pemerintah belum mengirimkan DIM hingga saat ini.

"Sampai sekarang pemerintah kan tidak mengeluarkan DIM. Oleh karena itu dalam rapat kita akan dengarkan keterangan dari pemerintah kenapa tidak mengeluarkan DIM," urainya.

Dia menyebut sikap pemerintah itu bisa diartikan dua macam yaitu setuju RUU Pertembakauan diajukan atas inisiatif DPR atau pun sebaliknya. Sementara jika tidak setuju maka akan dicari jalan tengahnya.

"(pemerintah kenapa tidak mengeluarkan DIM) apakah bisa diterjemahkan pemerintah ini setuju atas inisiatif DPR atau tidak setuju. Tapi kan harus ada keputusan bersama solusinya seperti apa. Nanti kita bersepakat saja antara pemerintah dan DPR," jelas dia.

Firman menyebut jika RUU Pertembakauan itu akan terus berjalan meski tidak disetujui. Dia menyebut pertimbangan lainnya RUU itu juga bisa dibuat setingkat Peraturan Menteri (Permen).

"Bukan dibatalkan harus ada solusi lain, apakah itu dibuat setingkat Permen ataukah setingkat apa," ucapnya.

Berikut susunan Pansus RUU Pertembakauan:
Ketua Firman Soebagyo (PG)
Wakil Ketua: Hendrawan Supratikno (PDIP), Bambang Haryadi (Gerindra), Verna Gladies M.I (PD)


(ams/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com