DetikNews
Sabtu 20 Mei 2017, 01:23 WIB

KPPU Cek Persediaan Daging Sapi di Bandung Jelang Ramadan

Muklis Dinillah - detikNews
KPPU Cek Persediaan Daging Sapi di Bandung Jelang Ramadan Foto: KPPU sidak di Bandung (Muklis-detikcom)
Bandung - Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) mengecek rumah potong hewan (RPH) Ciroyom, Kota Bandung. Hal ini dilakukan untuk memastikan persediaan daging sapi jelang bulan puasa dan lebaran.

Sidak ini dilakukan langsung oleh Ketua KPPU Syarkawi Rauf, Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Tjaya Widayanti, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Distan KP) Elly Wasliah.

Rombongan mendatangi RPH Ciroyom pada Jumat (19/5/2017) sekitar pukul 22.00 WIB. Mereka melihat langsung kandang sapi siap potong, proses pemotongan sapi. Elly memberikan penjelasan soal RPH Ciroyom.

KPPU Cek Persediaan Daging Sapi di Bandung Jelang RamadanFoto: KPPU sidak di Bandung (Muklis-detikcom)


"Tujuan kita satu, ingin mengecek seberapa besar tingkat kelancaran pasokan sapi siap potong itu dari feedloter ke RPH, kemudian ke litteler yang ada di pasar," kata Syarkawi di RPH Ciroyom, Jalan Arjuna.

Syarkawi mengatakan biasanya menjelang bulan puasa dan lebaran harga daging sapi di pasaran kerap tinggi. Para pedagang beralasan menaikan harga karena minimnya distribusi daging sapi dari RPH dan feedloter.

"Tadi disampaikan bu elly semua kebutuhan daging sapi untuk Kota Bandung dan sekitarnya itu cukup untuk kebutuhan jelang bulan Ramadan hingga Idul Fitri," jelas Syarkawi.

Elly wasliah mengatakan menjelang bulan Ramadan permintaan daging sapi di Kota Bandung meningkat 4 kali lipat dibandingkan hari biasanya. Sementara untuk lebaran meningkat mencapai 6,5 kali lipat. Namun, dipastikan stok daging mencukupi.

"Jadi diperkirakan H-1 Ramadan kita motong kurang lebih 400 ekor. Nah kalau lebaran meningkat pesat H-2 6,5 kali jadi kita motong dalam satu malam itu 650 ekor," kata Elly di lokasi yang sama.

Keyakinannya itu, kata dia, muncul saat 6 feedloter pemasok 2 RPH di Kota Bandung sanggup memenuhi kebutuhan selama bulan puasa dan lebaran. Dengan begitu, ketersediaan daging sapi untuk masyarakat tidak perlu dikhawatirkan lagi.

"Alhamdulillah dalam kondisi aman dan tersedia (daging sapi) tahun ini," ungkap Elly.
(rvk/irm)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed