DetikNews
Jumat 19 Mei 2017, 23:33 WIB

Kapal Mutiara yang Terbakar Angkut 134 Penumpang dan 50-an Truk

Imam Wahyudiyanta - detikNews
Kapal Mutiara yang Terbakar Angkut 134 Penumpang dan 50-an Truk Kapal Mutiara saat terombang-ambing di lautan Februari 2017 (Foto: Ditpolair Polda Jatim)Foto: Ditpolair Polda Jatim
Surabaya - Kapal Motor (KM) Mutiara Sentosa I terbakar di Perairan Masalembu, Sumenep, Madura. Kapal tersebut mengangkut 134 penumpang, 37 ABK dan puluhan kendaraan. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Kasi tertib Berlayar Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Perak Surabaya Syah Hermawan saat dihubungi detikcom, Jumat (19/5/2017), mengatakan, kapal itu memuat 37 ABK dan 134 penumpang. Selain manusia, kapal tersebut juga memuat kendaraan yang terdiri dari 2 motor, 21 mobil kecil, 10 truk sedang, dan 47 truk besar.

"Kapal Basarnas kabarnya juga menuju lokasi untuk melakukan evakuasi juga. Sebagian penumpang masih di atas kapal penyelamat, dan sebagian sudah dibawa ke UPP Masalembu dengan kapal kecil," ujar Hermawan.

Dia mengatakan Api muncul dan langsung membesar. Sprinkle dan alat pemadam ringan (apar) tidak bisa memadamkan api yang terus membesar. Api terus merembet ke kendaraan lain di car deck.

Karena kebakaran semakin membesar, Nakhoda kapal Eddy Sarwoto memerintahkan semua yang ada di kapal segera meninggalkan kapal (abandoned ship). Sebelum memerintahkan abandoned ship, nakhoda sudah berusaha meminta bantuan kepada pos pelayaran terdekat dan kapal yang sedang melintas.

Kebetulan ada KM Meratus Makassar yang sedang dalam perjalanan dari Makassar menuju Jakarta. Kapal itulah yang paling dekat. Kapal itulah yang pertama kali melakukan evakuasi penumpang.

"Evakuasi dilakukan sekitar pukul 18.00 WIB," tutur Hermawan.
(iwd/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed