detikNews
Senin 08 Mei 2017, 18:35 WIB

Wiranto: HTI Dibubarkan Lewat Jalur Pengadilan agar Fair

Ahmad Mustaqim - detikNews
Wiranto: HTI Dibubarkan Lewat Jalur Pengadilan agar Fair Menkopolhukam Wiranto (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Menko Polhukam Wiranto mengatakan pembubaran Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) tetap menggunakan jalur hukum. Hal itu dilakukan agar proses pembubaran menjadi fair.

"Sebenarnya sudah jelas bahwa kita membubarkan tentu dengan langkah hukum. Karena itu, nanti ada proses kepada satu lembaga peradilan jadi fair," kata Wiranto di kantornya, Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (8/5/2017).

Menurut dia, meski indikasi anti-Pancasila HTI sangat kuat, pemerintah tidak bisa sewenang-wenang membubarkan ormas tersebut. "Pemerintah tidak sewenang wenang, tetapi tetap bertumpu pada hukum yang berlaku di Indonesia," tegas Wiranto.

[Gambas:Video 20detik]


Wiranto menjelaskan masyarakat Indonesia sedang berkembang menjadi bangsa yang makmur. Oleh karena itu, pembubaran harus dilakukan untuk mencegah berbagai embrio yang berpotensi mengganggu keamanan negara.

"Tetapi pasti langkah itu harus dilakukan semata-mata agar kita mencegah berbagai embrio yang dapat berkembang dan mengganggu, untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat dan ujungnya mengganggu eksistensi kita sebagai masyarakat yang sedang berkembang, sedang berjuang, dalam mencapai tujuan nasional masyarakat adil dan makmur," ungkapnya.
(erd/erd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com