DetikNews
Jumat 28 April 2017, 16:14 WIB

JK Klarifikasi Hoax Meme 'Komentar Karangan Bunga'

Muhammad Taufiqqurahman - detikNews
JK Klarifikasi Hoax Meme Komentar Karangan Bunga Foto: Maikel Jefriando/detikFinance
Jakarta - Wapres Presiden Jusuf Kalla (JK) membantah meme yang memuat fotonya dan tulisan mengomentari soal karangan bunga. JK menyebut meme itu hoax.

"Tadi pagi saya juga sendiri diperlihatkan oleh Sofjan (Wanandi) dan Uceng (Husain Abdullah) di suatu media, dikasih yang menyatakan saya mengatakan bahwa daripada kirim bunga lebih baik kasih anak yatim, apa gunanya bunga-bunga yang banyak di pinggir jalan. Kapan saya ngomong? Saya tidak pernah ngomong," kata JK.

JK menyampaikan itu saat memberikan sambutan dalam peresmian Jaringan Wartawan Antihoax (Jawwara) oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) di Istana Wapres, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Selatan, Jumat (28/4/2017).

JK Klarifikasi Hoax Meme 'Komentar Karangan Bunga'Foto: Meme hoax/istimewa


JK mengatakan isu tersebut merupakan salah satu contoh kecil bagian dari penyebaran hoax di masyarakat melalui media sosial (medsos). Menurut JK, masih ada isu-isu hoax lain yang beredar di masyarakat.

"Seakan-akan saya memberikan komentar padahal saya tidak pernah mmeberikan komentar soal bunga-bunga yang terkecuali bunga bank biasa," kata JK yang disambut tawa hadirin.

"Kalau bunga lain berapa pun terserah rakyat. Setidak-tidaknya banyak pengrajin bunga yang mendapatkan hal baik. Nah itulah satu contoh, belum lagi yang lain," tambahnya.

Beberapa hari terakhir beredar pesan di medsos yang berisikan komentar JK soal kiriman bunga. Berikut pesan hoax yang tersebar:

"Pesan saya pada semua pihak instansi pemerintah atau swasta nanti bulan Oktober 2017, saat pelantikan Anies dan Sandiaga tidak perlu menghamburkan uang untuk kirim karangan bunga. Itu norak dan kuno. Sebaiknya uangnya dikumpulin untuk fakir miskin dan anak yatim. Anies dan Sandi akan lebih bahagia."
(fiq/idh)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
BERITA TERBARU +