DetikNews
Kamis 13 April 2017, 16:49 WIB

Pilgub DKI Putaran Kedua

LSI Denny JA: Tingkat Kepuasan terhadap Ahok-Djarot Mencapai 73%

Jabbar Ramdhani - detikNews
LSI Denny JA: Tingkat Kepuasan terhadap Ahok-Djarot Mencapai 73% Ahok-Djarot (Foto: Muhammad Ridho)
Jakarta - Lembaga Survei Indonesia (LSI) Denny JA menyampaikan rilis survei soal prediksi hasil gelaran Pilgub DKI putaran dua. Tersedianya dua pasangan calon yang akan dipilih membuat perolehan suara masih dapat berubah.

"Pilgub DKI putaran dua ini head to head. Kenaikan suara untut paslon yang satu akan berimbas pada paslon lain sehingga ada trade off. Ada hal yang bisa pengaruhi hal ini. Karena pemilih relatif berubah," kata peneliti LSI Denny JA, Ardian Sofa di kantornya, Jalan Pemuda, Rawamangun, Jakarta Timur, Kamis (13/4/2017).

Dia mengatakan, ada empat isu penting yang dapat mempengaruhi naik-turunnya suara dari masing-masing paslon. Ardian berpendapat, masing-masing paslon diuntungkan oleh dua isu penting tersebut.

Paslon petahana Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat mendapatkan keuntungan mengenai isu kepuasan masyarakat Jakarta terhadap kinerja Ahok-Djarot. Angka kepuasan di April 2017 ini mengalami kenaikan sebanyak 0,5 persen dibanding bulan sebelumnya. Namun angka kepuasannya masih tinggi.

"Jadi memang tidak dapat dipungkiri, kepuasan kinerja Ahok masih cukup tinggi. Masyarakat Jakarta masih puas kepemimpinan Ahok-Djarot karena tingkat kepuasannya mencapai 73 persen," ujarnya.

Hanya saja, dia melihat tingginya tingkat kepuasan ini tidak dapat dikonversi menjadi dukungan kepada paslon nomor urut dua ini. Sebab, hasil survei LSI Denny JA terakhir, keduanya mendapatkan dukungan suara sebesar 42,7 persen atau 8,7 persen lebih rendah dari Anies Baswedan.

Ardian menilai, dukungan masyarakat yang masih rendah karena persepsi masyarakat kepada Ahok masih terbentur pada kepribadian Ahok dan isu primordial yang ada.

"Tapi jadi pertanyaan, kenapa tingkat kepuasan tinggi tapi elektabilitasnya tidak lebih tinggi dari yang mengatakan puas. Karena ketika puas, tinggal konversi ke dukungan. Ini karena persepsi personality Ahok masih dianggap arogan dan isu primordial yang masih ada," tuturnya.

Hasil survei terbaru LSI Denny JA, pasangan calon Anies-Sandi unggul dengan perolehan suara sebesar 51,4 persen. Sementara itu paslon Ahok-Djarot mendapatkan suara sebesar 42,7 persen.

Survei ini menggunakan metode tatap muka menggunakan kuesioner. Ada sebanyak 440 responden yang diikutsertakan dalam survei ini yang berasal dari berbagai kalangan dan dari lima pemerintahan kota dan juga Kabupaten Kepulauan Seribu.

Responden tersebut dipilih menggunakan metode multistage random sampling. Margin of error survei ini sekitar 4,8 persen. Dalam survei ini diterapkan berbagai pendekatan kategori seperti segi pendidikan, tingkat ekonomi, agama dan segmen usia.
(jbr/dkp)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed