DetikNews
Selasa 21 Maret 2017, 12:16 WIB

3 Jurus Anies-Sandi Lawan Ahok dan Djarot

Erwin Dariyanto - detikNews
3 Jurus Anies-Sandi Lawan Ahok dan Djarot Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - PDIP mengerahkan seluruh elite kadernya ke Jakarta untuk memenangkan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat di Pilgub DKI putaran II. Pengurus wilayah dan kepala daerah dari PDIP itu akan melakukan pendekatan kepada pemilih di DKI yang berasal dari luar Jakarta untuk memilih Ahok-Djarot.

Cawagub DKI Sandiaga Salahuddin Uno mengaku tak dapat mengerahkan pengurus partai di wilayah maupun kepala daerah ke Jakarta seperti yang dilakukan PDIP sebagai pengusung utama Ahok-Djarot. Hal ini karena keterbatasan dana. Di samping itu, kata Sandi, seorang kepala daerah sudah semestinya berkonsentrasi mengurus masyarakat di wilayahnya. Jika mereka kemudian ke Jakarta, konsentrasi kepala daerah mengurus wilayah perlu dipertanyakan.

"Kami keterbatasan dana, kami mau seperti itu, tapi kami bukan penguasa. Kami tidak memiliki sumberdaya yang banyak. Kami urunan kecil-kecil yang tidak memberatkan. Di samping itu, mereka (kepala daerah) punya tugas sendiri-sendiri di daerah. Mereka jiwa raganya detik per detik untuk warga setempat. Kalau mereka disuruh ke Jakarta untuk memperjuangkan (Ahok-Djarot), konsentrasi mereka untuk daerah dipertanyakan," kata Sandiaga saat berbincang dengan detikcom, Selasa (21/3/2017).

Lalu, apa strategi Anies-Sandi untuk mengimbangi kubu Ahok-Djarot?

Sandi mengatakan ada tiga strategi yang akan dia dan Anies terapkan. Pertama menyatukan visi dan misi dengan pendukung Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni tentang keinginan bahwa warga Jakarta ingin memiliki gubernur baru. Anies-Sandi akan merebut 17 persen suara Agus-Sylvi di putaran pertama lalu.

Strategi kedua, Anies-Sandi ketika datang ke satu titik di Jakarta akan membedah keinginan warag dan menghadirkan solusi. Melalui cara ini pasangan cagub dan cawagub nomor urut 3 itu berharap bisa merebut pendukung Ahok-Djarot di putaran pertama.

"Kami kalau datang ke daerah, kami akan membedah keinginan warga, kami menghadirkan solusi untuk mengkonversi sebagian
pemilih nomor 2 (Ahok-Djarot) ke kami," kata Sandiaga.

Ketiga, Anies dan Sandi akan menggarap daerah-daerah yang selama ini terlewati. Meski sudah mendatangi 1200 titik lebih di Jakarta, Sandi mengaku masih ada beberapa titik yang terlewati. Titik-titik itulah yang akan Anies dan Sandi garap.

"Kami hadirkan pendekatan berbasis sosiologi," tutur Sandiaga.


(erd/van)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed