DetikNews
Selasa 21 Maret 2017, 10:43 WIB

Sabar Pengaku Tuhan Berprofesi Dosen, Polisi Panggil Rektorat Unram

Mei Amelia R - detikNews
Sabar Pengaku Tuhan Berprofesi Dosen, Polisi Panggil Rektorat Unram Sabar Nababan (Facebook Sabar Nababan)
FOKUS BERITA: Nababan Mengaku Tuhan
Jakarta -

Polres Mataram memantau dosen Universitas Mataram (Unram) bernama Sabar Nababan, yang bikin heboh media sosial karena mengaku sebagai tuhan dari agama yang disebutnya Agama Angkasa Nauli (AAN). Polisi memanggil pihak rektorat Unram untuk dimintai keterangan mengenai Sabar.

"Kami akan berkoordinasi dengan rektorat, apakah rektorat tahu kondisi yang bersangkutan ini atau tidak. Hari ini akan kami mintai keterangan dari pihak rektorat," kata Kapolres Mataram AKBP Muhammad kepada detikcom, Selasa (21/3/2017).

Lalu, bagaimana Sabar bisa mengajar dengan kondisi mental yang terganggu? Menurut Muhammad, Sabar tidak memiliki masalah ketika berbicara mengenai hal lain seputar ketuhanan.

"Memang dia dosen. Kalau kita tanya sih biasa saja jawabnya. Tetapi, begitu masuk ke masalah agama, dia bersikukuh, menurutnya, 'Saya kalau nggak ada perintah dari Tuhan Jahowa', selalu begitu," papar Muhammad.

Muhammad mengatakan Sabar mengidap skizofrenia. Polisi mendapatkan kepastian itu dari pemeriksaan Rumah Sakit Jiwa Provinsi NTB. Sabar juga diketahui pernah berobat untuk menyembuhkan skizofrenia yang diidapnya itu ke Denmark.

"Kita mendapatkan surat dari Rumah Sakit Jiwa Provinsi NTB, yang isinya bahwa yang bersangkutan mengidap skizofrenia sejak 2015," ujar Muhammad.

Sabar telah dimintai keterangan pada Senin (20/3) kemarin. Sejauh ini tidak ada proses hukum terhadapnya. Dia hanya diminta tetap melapor ke polisi.
(mei/fjp)
FOKUS BERITA: Nababan Mengaku Tuhan
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed