DetikNews
Selasa 21 Mar 2017, 02:13 WIB

Warga Tangkap Pemulung yang Buang Sampah Kasur di Kali Bekasi

Mei Amelia R - detikNews
Warga Tangkap Pemulung yang Buang Sampah Kasur di Kali Bekasi Foto: Dok. Polres Bekasi
Bekasi - Banjir kerap menggenangi kawasan perumahan di Jakamulya, Bekasi. Hal itu terjadi karena sampah yang menyumbat saluran air di sungai. Salah satunya sampah kasur bekas yang kerap dibuang masyarakat ke sungai.

"Mohon izin melaporkan kegiatan Binmas melakukan problem solving tentang warga yang tertangkap membuang sampah rumah tangga di bantaran kali yang melintas di perumahan," ujar Kasubag Humas Polres Metro Bekasi Kota AKP Erna Ruswing dalam keterangannya, Senin (20/3/2017).

Menurutnya, salah seorang warga bernama Acep (50) asal Cikarang tertangkap basah membuang sampah rumah tangga berupa kasur palembang dan 3 karung pakaian bekas ke sungai.

"Ada salah satu warga yang meminta tolong kepadanya untuk membuang sampah dan akan diberi upah. Hingga akhirnya dia menyanggupi kemudian sampah tersebut dibuang di bantaran kali yang melintas di sepanjang permukiman warga," jelas Erna.

Warga yang merasa resah karena orang-orang sengaja membuang sampah di kali kemudian melaporkan hal tersebut kepada petugas Bhabinkamtibmas untuk ditindaklanjuti.

"Karena selama ini warga merasa resah dengan orang-orang yang sengaja membuang sampah di kali yang akhirnya mengakibatkan penyumbatan pada saluran air dan sebagai salah satu penyebab terjadinya banjir," ucapnya.
Warga Tangkap Pemulung yang Buang Sampah Kasur di Kali BekasiFoto: Dok. Polres Bekasi

Selanjutnya mereka diminta membuat surat pernyataan bahwa tidak akan mengulangi perbuatan membuang sampah di tempat yang bukan seyogianya dengan disaksikan dari kepolisian,TNI, kelurahan, dan tokoh masyarakat.

"Semoga tindakan tersebut menjadi efek jera dan memberikan pembelajaran bagi masyarakat untuk menjaga ketertiban lingkungan," tutupnya.
(adf/rvk)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed