DetikNews
Senin 20 Maret 2017, 17:44 WIB

Beroperasi di Indonesia, WNA Sindikat Cyber Fraud Raup Rp 1 T

Mei Amelia R - detikNews
Beroperasi di Indonesia, WNA Sindikat Cyber Fraud Raup Rp 1 T Ilustrasi (dok. detikcom)
Jakarta - Direktorat Reskrimum Polda Metro Jaya menangkap puluhan WN China dan Taiwan yang diduga melakukan cyber fraud di empat lokasi di Jakarta. Para pelaku mendapatkan keuntungan triliunan rupiah dari hasil penipuan itu.

Direktur Reskrimum Polda Metro Jaya Kombes Rudy Herianto Adi Nugroho mengatakan ada 59 WN China dan Taiwan yang ditangkap di empat lokasi berbeda beberapa waktu lalu. Mereka sudah beroperasi selama 1 bulan di Jakarta.

"Dalam satu bulan ini saja mereka meraup keuntungan sekitar Rp 1 triliun," terangnya kepada detikcom, Senin (20/3/2017).

Rudy mengungkapkan sindikat tersebut mengincar korban sejumlah pengusaha di Taiwan dan China. Mereka memeras korban dengan modus berpura-pura sebagai aparat polisi atau jaksa.

"Modusnya mengaku polisi atau jaksa, kemudian menuduh korban terlibat kejahatan, kemudian korban diminta membayar sejumlah uang apabila tidak mau kasusnya dibongkar," jelas Rudy.

Kasus ini bukan pertama kalinya dibongkar pihak Kepolisian Daerah Metro Jaya. Sebelumnya, Polda Metro Jaya menangkap ratusan WN China dan Taiwan yang juga melakukan kejahatan serupa.

Mereka mengincar Jakarta sebagai lokasi untuk markas operasinya. Di samping agar luput dari pelacakan otoritas China dan Taiwan, mereka memilih Indonesia karena biaya hidupnya murah.

"Mereka bisa menyewa rumah mewah di Jakarta dengan biaya ratusan juta per tahun," lanjutnya.

Sebelumnya, Subdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya di bawah pimpinan AKBP Aries Supriyono menggerebek empat lokasi di Jakarta yang dijadikan markas para WN Taiwan dan China tersebut. Di lokasi tersebut, polisi menyita sejumlah peralatan untuk melakukan kegiatan kejahatan mereka.

"Saat ini mereka sudah dideportasi ke negara masing-masing," tandas Rudy.
(mei/bag)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed