DetikNews
Senin 20 Maret 2017, 17:48 WIB

Ada Dana Reboisasi Rp 4 T, JK Ingin Banjir di Bandung Teratasi

Rina Atriana - detikNews
Ada Dana Reboisasi Rp 4 T, JK Ingin Banjir di Bandung Teratasi Wapres JK (Foto: dok. detikcom)
Jakarta - Sedikitnya tiga wilayah di Kabupaten Bandung kembali direndam banjir dan menyebabkan ratusan orang mengungsi. Wakil Presiden Jusuf Kalla meminta agar banjir di Bandung dapat berkurang dalam 2 tahun ke depan.

"Banjir di Bandung harus berkurang dengan tadi cara perbaikan di (kawasan) atas," kata JK di kantor Wapres, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin (20/3/2017).

Menurut JK, sungai-sungai dan drainase yang tersumbat harus segera diperbaiki. Menurutnya, hal tersebut merupakan penyebab banjir di Bandung.

"Harus berkurang karena semua yang menghalangi sungai harus diperbaiki, harus rehabilitasi sungai juga," lanjutnya.

Kecamatan Baleendah, Bojongsoang, dan Dayeuhkolot di Kabupaten Bandung kembali terendam banjir karena luapan Sungai Citarum. Ratusan warga mengungsi ke sejumlah tempat.

JK juga bicara mengenai ekosistem di Indonesia yang semakin rusak, terutama ekosistem di kawasan atas. Sejauh ini masih tersedia dana Rp 4 triliun untuk seluruh wilayah Indonesia.

"Dana reboisasi kita ada kira-kira Rp 4 triliun. Harus kita pakai dan itu bertambah terus. Masih tetap pemerintah bayar. Dulu ada Rp 10 triliun. Itu akan kita pakai untuk perbaikan-perbaikan. Itu tidak cukup sih, tapi kita ada anggaran lain, anggaran kehutanan, kembali lagi gerakan rakyat," tutur JK.

Baca Juga: Banjir Kembali Menggenangi Dayeuhkolot, Bojongsoang dan Baleendah

"Dulu kan kita ada sistem Gerhan namanya, Gerakan Nasional Reboisasi Hutan dan Lahan, sekarang kita aktifkan lagi. Pertama ini di Jawa Barat, rapat tiga hari lalu di sini dengan gubernur dengan dua menteri. Kita mulai Juni karena ada persiapannya. Juni mulai. Sekarang juga sudah mulai perbaikan lingkungan di atas, di hutan-hutan, penanaman kembali, baik dengan cara Gerhan maupun dengan cara air seeding," jelasnya.
(rna/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed