DetikNews
Minggu 19 Mar 2017, 07:16 WIB

NasDem Ajak PAN, Hanura, PKB, dan PPP untuk Dukung Ridwan Kamil

Danu Damarjati - detikNews
NasDem Ajak PAN, Hanura, PKB, dan PPP untuk Dukung Ridwan Kamil Ketua DPW NasDem Jawa Barat Saan Mustopa (Rachman Haryanto/detikcom)
Jakarta -

Partai NasDem mendeklarasikan dukungannya untuk Ridwan Kamil sebagai calon gubernur Jawa Barat. Namun jumlah kursi NasDem masih jauh dari kata cukup untuk mencalonkan Ridwan Kamil.

"Kita sebagai partai yang baru ikut Pemilu 2014 lalu, suara NasDem cukup lumayan lah," kata Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem Jawa Barat Saan Mustopa kepada detikcom, Minggu (19/3/2017).

Dia menjelaskan, NasDem punya lima kursi di DPRD Jawa Barat. Padahal syarat minimum untuk mengusung calon di Pilgub Jabar 2018 adalah 20 kursi.

"Butuh 15 kursi lagi," tuturnya.

NasDem kini juga mulai mengajak partai-partai lain berkoalisi. Mereka mulai membangun komunikasi dengan Partai Hanura yang sefraksi di DPRD Jawa Barat. PAN diajak pula. Bila Hanura dan PAN bersedia masuk barisan, maka jumlahnya sudah 12.

"Ditambah lagi nanti ada PKB dan PPP, akan coba kita ajak diskusi. Maka nanti menjadi 27 kursi," tutur Saan.

Hari ini, mereka akan mendeklarasikan Ridwan Kamil sebagai sosok yang didukung di Pilgub Jabar 2018. Arak-arakan kirab budaya digelar dari Rumah Dinas Wali Kota Bandung yang ditempati Ridwan menuju Monumen Bandung Lautan Api di Tegalega.

Secara umum dalam ranah internal, kini NasDem sedang melakukan konsolidasi, tak hanya untuk Pilgub Jabar 2018, namun juga untuk Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden 2019. "Kondolidasi kita sampai tingkat desa dan kelurahan. Kita sudah mulai training saksi-saksi," ujarnya.


(dnu/dnu)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed